Puluhan Komunitas Bandung Gelar Aksi Mural Bertajuk “‘A Journey of Happines'”

Puluhan komunitas mural di Bandung berbondong-bondong untuk menghiasi dinding Hutan Kota Babakan Siliwangi yang berada di Jalan Siliwangi Kota Bandung.

Sejak Selasa (13/9/2016) pagi, para komunitas tersebut bahu membahu memoles dinding sepanjang 476 meter yang ditargetkan tuntas dalam kurun waktu tiga hari kedepan.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, masing-masing komunitas telah ditentukan ukuran dinding akan digambar dengan berbagai tulisan serta gambar yang bervariasi. Mereka pun mulai mengukur panjang serta lebar dinding yang akan dipoles untuk disesuaikan dengan gambar yang sudah tersedia dalam selembar kertas.

Satu komunitas terdiri dari beberapa anggota, mereka terlihat membagi tugas satu sama lain untuk melaksanakan kegiatan #MuralBdg dengan tema ‘A Journey of Happines’.

Masing-masing komunitas diberikan jatah untuk memoles dinding dengan ukuran 10 x 2,9 meter. Pasalnya, dinding sepanjang 476 meter itu akan dihiasi sebanyak 47 gambar dengan tiga segmentasi khas Kota Bandung.

Pertama, dinding tersebut akan dihias dengan segmen Local Genius Bandung yakni gambar-gambar yang menghadirkan ciri khas Kota Bandung seperti budaya, warisan sejarah, kuliner, dan fashion.

Sementara untuk segmen kedua lebih condong terhadap Futuristik Bandung dimana masyarakat diajak untuk berimajinasi mengenai berbagai kemajuan yang akan hadir di Bandung pada masa depan.

Sedangkan segmen ketiga, dinding tersebut lebih mengenai Bandung sebagai model alam yang lestari, dengan mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian Kota Bandung melalui pesan-pesan yang disampaikan pada mural tersebut.

Menurut Ketua Ikatan Alumbi Institut Teknologi Bandung (ITB), Arfi Rafnialdi, kegiatan mural tersebut melibatkan sebanyak 500 relawan yang tergabung dalam 20 komunitas tersebut. Bahkan relawan tersebut pun hadir dari luar Kota Bandung untuk mensukseskan Bandung sebagai kota mural.

“Kegiatan mural Bandung ini melibatkan 500 relawan dari 20 komunitas yang ada di Bandung. Sampai tiga hari kedepan, mereka akan merostarasi dinding di Baksil ini,” kata Arfi saat peresmian kegiatan #MuralBdg di Jalan Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (13/9/2016).

Kegiatan mural tersebut pun sebagai salah satu upaya untuk mendukung ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. Pasalnya terdapat 24 venue serta 17 cabang olahraga yang dipertandingkan di Kota Bandung.

“Selain itu, di sini juga (Jalan Siliwangi) merupakan jalur wisata. Jadi sangat bagus sekali dilakukan kegiatan ini,” pungkasnya.

Sumber: Ayo Bandung

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *