PPI Swedia: Wadah Berkumpul Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Swedia

Keberadaan organisasi yang menghimpun kiprah mahasiswa Indonesia di Swedia telah menjadi harapan yang begitu lama dari berbagai generasi mahasiswa Indonesia di Swedia. Generasi pertama mahasiswa Indonesia yang ada di Swedia sudah ada sejak tahun 1950an. Secara umum, Swedia belumlah menjadi negara yang populer bagi tujuan belajar orang Indonesia. Berbicara tentang menghimpun mahasiswa Indonesia di Swedia maka salah satu tantangan yang dihadapi adalah jumlah populasi mahasiswa Indonesia yang naik turun dari tahun ke tahun serta masa tinggal yang umumnya tidak terlalu lama. Sebelum keberadaan PPI Swedia, kiprah dan prestasi para mahasiswa Indonesia pun sudah cukup cemerlang dan ikatan persaudaraan di antara mereka tak kalah kuatnya dibandingkan dengan era PPI Swedia saat ini. Hanya saja, dengan tingginya tingkat penetrasi internet di akhir tahun 90an, hal ini secara tidak langsung telah menandai hadirnya era informasi elektronik yang lebih terbuka.

Kapan tepatnya PPI Swedia berdiri tidak diketahui secara pasti namun berdasarkan catatan yang tersedia, PPI Swedia bermula dari sebuah mailing list group mahasiswa Indonesia di Swedia pada tahun 2007-2008 yang selanjutnya berevolusi menjadi sebuah organisasi yang terus tumbuh hingga saat ini. Beberapa nama yang pernah tercatat memimpin PPI Swedia antara lain: Edwin Setiawan Tjandra (era mailing list), Dedy Sushandoyo (2009-10), Ibrahim K. Rohman (2010-11), Arradi Nur Rizal (2011-12) dan Muhammad Mufti Azis (2012-13). Tentu banyak sekali teman-teman dan para alumni yang namanya tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah banyak berjasa dan berkontribusi nyata demi keberlangsungan PPI Swedia.

Ujung tombak kegiatan PPI Swedia pada dasarnya adalah kegiatan di masing-masing wilayah. Pembagian wilayah dalam PPI Swedia sendiri cukup fleksibel dan jumlahnya bervariasi dari masa ke masa. Wilayah-wilayah ini umumnya memiliki seorang Koordinator Wilayah yang bersama-sama mahasiswa setempat mengadakan beragam kegiatan. Wilayah yang ada dalam naungan PPI Swedia saat ini antara lain: Stockholm-Uppsalla, Gothenburg-Boras, Lund-Malmo, Linkoping-Jonkoping, Karlstad dan Norrkoping. Selain itu, dalam struktur organisasinya, PPI Swedia juga memiliki pengurus yang aktif mengelola website PPI Swedia, akun facebook dan akun twitter PPI Swedia disamping mailing list PPI Swedia.

Hajatan terbesar PPI Swedia adalah acara pertemuan nasional atau gathering PPI Swedia. Setidaknya, PPI Swedia telah menyelenggarakan lima kali pertemuan yaitu: Summer Gathering Norrkoping 2008, Winter Gathering Gothenburg 2009, Summer Gathering Lund 2010, Spring Gathering Stockholm 2011 dan Spring Gathering Gothenburg 2012. Pertemuan dalam lingkup nasional seperti ini terbukti mampu mempererat jalinan persahabatan antar mahasiswa Indonesia yang selama ini mungkin hanya saling bertegur sapa melalui dunia maya. Selain itu, acara Gathering PPI Swedia menjadi wadah yang tepat bagi seluruh anggota PPI Swedia untuk membahas langkah-langkah dan rencana-rencana strategis PPI Swedia ke depannya.

Pada April 2010, PPI Swedia memperbaharui website dengan tujuan membantu mahasiswa/i Indonesia yang sedang berada dan akan menuntut ilmu di Swedia. Hal ini dilakukan PPI Swedia dengan berkerjasama dengan Kedutaan Swedia di Indonesia dalam hal penyebaran informasi mengenai PPI Swedia ketika calon mahasiswa mengajukan ijin tinggal di Swedia dan juga kerjasama dengan KBRI Swedia untuk pendataan mahasiswa/I Indonesia di Swedia.

Sumber: Laman Facebook PPI Swedia

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *