LSiS UGM: Pimpin Penelitian Interdisipliner MIPA UGM

Lingkar Studi Sains (LSiS) resmi didirikan sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada pada tanggal 19 Agustus 2004. Sedangkan sekretariat LSiS didapatkan pada awal tahun 2008, yakni di akhir kepengurusan Mas Sholihun. LSiS merupakan organisasi yang bergerak di bidang riset dan keilmuan yang menaungi tentang penelitian interdisipliner dari berbagai bidang program studi yang ada di MIPA.

Dari segi usia, LSiS memang masih muda namun berbicara mengenai prestasi LSiS sudah menelurkan banyak orang-orang luar biasa. Contoh kecilnya, Mas Sholihun bisa lulus dalam waktu 3,8 tahun yang berpredikat cumlaude, sekarang Beliau adalah salah satu dosen Fisika. Mas Jalu juga lulus dalam waktu 3,5 tahun dengan predikat cumlaude, sekarang Beliau bekerja di LIPI kompleks PUSPIPTEK Serpong, Tangerang. Mas Fajar juga tidak mau kalah, IPKnya cumlaude. Beliau sekarang S-2 di TUBS Germany. Mas Rizza juga memiliki IPK di atas 3, Beliau jago bahasa inggris, Mas Pauzan juga baru kemarin riset di jepang bersma professor dari Jepang dan masih banyak lagi.

Bukan hanya orang – orang hebat yang dilahirkan oleh LSiS, banyak inisiasi dan kegiatan yang dilakukan oleh LSiS. LSiS menjadi salah satu motor penggerak tentang Program Kreativitas Mahasiswa di FMIPA. Organisasi yang baru berumur sekitar 10 tahun ini juga menjadi inisiator Forum Saintis Muda Nasional yang berdiri pada tahun 2013. Salah satu inisiasi yang sedang dibangun adalah ASOSTyN, kerja sama jaringan bersama FMIPA ASEAN yang harapannya ke depan bisa bermanfaat untuk Indonesia dan dunia internasional.

Sumber: Laman LSiS FMIPA UGM

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *