Sebangsa Sebarkan Semangat Berbagi dan Membangun Lewat #Kelas9

Kamis, 13 Oktober 2016 dengan semangat berbagi dan membangun, Sebangsa berkunjung ke SMK Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Acara yang bertajuk #Kelas9 Belajar Bareng Sebangsa ini diikuti oleh 29 siswa dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia. #Kelas9 sendiri adalah kelas sharing yang diadakan di Sebangsa. Kali ini, Sebangsa ingin membawa kelas ini ke luar “kantor” untuk berbagi dengan teman – teman di SMK, dan SMK Ibu Pawiyatan Tamansiswa adalah SMK Pertama yang dikunjungi Sebangsa.

Acara ini dibuka oleh Ibu Lilik sebagai perwakilan dari SMK Ibu Pawiyatan Tamansiswa, dilanjutkan dengan Mas Meirza Arson CTO Sebangsa yang memberi gambaran singkat mengenai #Kelas9 Belajar Bareng Sebangsa. Setelah gambaran singkat dari Mas Arson, waktu berbagi pun tiba. Tim Sebangsa menurunkan tim terbaiknya untuk mengisi acara ini. Mas Andri Wardhana selaku GM Operation Sebangsa berbagi mengenai “Kemana Setelah Lulus?”. Peserta diajak untuk berpikir kembali setelah mereka lulus sekolah, apa saja yang bisa mereka lakukan, bagaimana mewujudkannya, tantangan yang mungkin akan dihadapi dan bagaimana mereka harus menghadapinya. Materi ini penting, karena sebagian besar peserta masih bingung ketika ditanya “Kemana Setelah Lulus?”.

Materi dilanjutkan oleh Mas Hangga Aji Lead Divisi Android yang berbagi mengenai “Membuat Aplikasi Android Keren”. Mas Aji menjelaskan mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Android Programmer, skill yang harus dikuasai dan tools yang harus dimiliki, dan bagaimana mengunggah aplikasi yang dibuat ke google play sehingga aplikasi yang dibuat dapat diunduh banyak orang. Jangan salah, programmer Android ini merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan.

Kemudian Mas Hassan Ali Lead Divisi Web berbagi mengenai “Website As Platform”, mengapa menggunakan platform web, bagaimana dan apa yang harus dimiliki untuk membuat tampilan web. Terakhir Mas Anjar Fiandrianto Lead Divisi DevOps dan IT Infrastructure berbagai mengenai “Cloud Essential.” Sebelum masuk ke materi Mas Anjar menjelaskan bahwa DevOps merupakan pekerjaan di bidang IT yang paling sulit dicari di US, tanggung jawabnya pun sangat besar. Setelah memberikan penjelasan mengenai DevOps, tentu disertai dengan tips mengenai bagaimana menjadi DevOps yang baik, Mas Anjar menjelaskan mengenai seluk beluk cloud, mana yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan.

Menarik berbagi dengan teman – teman SMK ini, karena kita akan merasa muda lagi. Materi yang berbobot bisa dibawakan dengan santai dibarengi candaan khas anak SMK. Mereka pun cukup antusias dengan apa yang dipaparkan apalagi di setiap akhir sesi setiap pembicara akan memberikan pertanyaan seputar materi yang mereka paparkan, dan sebuah buku yang terkait materi pun tersedia bagi peserta yang bisa menjawab dengan benar.

Seru kan? Untuk teman-teman yang ingin tahu tentang #Kelas9, silakan kunjungi kelas9.com. Ingin belajar bareng Sebangsa? Hubungi kami dan mungkin, sekolah kalian bisa ikut berpartisipasi dalam #kelas9!

Reportase: Pia Rizky

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *