Sebangsa dan Komunita.id Gelar Terapi Seni dalam Peringatan Hari Kesehatan Jiwa

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa yang jatuh pada 10 Oktober, Sebangsa dan Komunita.id menggelar kegiatan melukis bersama Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Orang dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) pada Sabtu (29/10) lalu. Bertajuk “100 Coretan Peduli Kesehatan Jiwa”, kegiatan yang digelar di dua kota besar, Jakarta dan Yogyakarta secara serentak ini, berhasil menggaet 100 orang peserta.

Dimulai pada pukul 10 pagi, Kegiatan yang terbentuk atas kolaborasi Sebangsa dan Komunita.id dengan Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) dan Bipolar Care Indonesia (BCI) ini dibuka oleh Ira B. Widjonarko, Founder dan Chairwoman Sebangsa dan Komunita.id dan dilanjutkan dengan arahan Joko Kisworo, selaku Terapis Seni, sebelum para peserta menorehkan kuas di atas kanvas. Arahan ini diberikan agar para peserta merasa relaks ketika melukis.

Pertama-tama, para peserta diarahkan Joko Kisworo untuk jalan ditempat selama beberapa menit, kemudian peserta diarahkan untuk duduk bersila melipat kaki, menyatukan jempol dan jari tengah, menutup mata, menarik dan membuang napas, serta menenangkan pikiran selama 10 menit. Setelah semua proses ini dijalankan, para peserta diperbolehkan melukis.

“Tuangkan isi pikiran kalian dari proses penenangan pikiran tadi, bukan apa yang kalian lihat di perjalanan atau di luar, tetapi apa yang kalian pikirkan dalam proses yang kita jalankan barusan,” ujar Joko sambil berdiri di depan.

Setelah proses melukis selesai, lukisan dikumpulkan dan dipilih oleh Joko Kisworo untuk diberikan pemaparan. Orang yang memiliki karya itu juga diminta untuk menceritakan maksud dari gambar yang ia buat dan warna-warna yang ia pilih. Sementara itu, para psikolog pendamping, yang terdiri dari Burtje Bungin dan Mustika Yundari, psikolog juga menafsirkan maksud dari warna-warna yang dipilih para peserta dan mengonotasikannya ke dalam kondisi jiwa seseorang.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan pemberian hadiah kepada peserta terpilih, yakni sketsa karya Joko Kisworo, sesi tanya jawab, dan penyerahan tanda terima kasih dari Ira B. Widjonarko, Founder dan Chairwoman Sebangsa dan Komunita.id kepada Joko Kisworo, Burtje Bungin, dan Mustika Yundari, serta foto bersama para peserta.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *