1001 Buku : Ingin Pintar? Baca Buku!

Suasana riang tampak pada saat peserta Konferensi Anak-Anak 2016 hadir di lobi Wisma Griya Patria, Jakarta.  Mereka datang dari seluruh Indonesia penjuru Indonesia untuk mengikuti kegiatan dan pelatihan yang berkaitan dengan dunia membaca, bercerita dan menulis. Tampak para orang tua ikut hadir untuk mengantarkan sang buah hati.Kegiatan yang diselenggarakan oleh Majalah Anak Bobo bekerjasama dengan Yayasan 1001buku sebagai penyedia dan pelaksana materi program ini akan berlangsung dari tanggal 8 – 11 November 2016.

Semua tampak begitu antusias. Baik anak-anak peserta delegasi maupun orangtuanya.  Apalagi saat mereka mulai memasuki aula Griya Patria 16B.   Tempat utama dimana seluruh kegiatan akan dilakukan. Disitu mereka langsung disambut kakak-kakak fasilitator yang mencairkan suasana dengan membuat beragam games lucu dan edukatif. Dan tentu saja di sesi pembuka itu, anak-anak juga saling memperkenalkan diri satu dengan lainnya agar suasana menjadi lebih akrab.

buku2

Nah, setelah itu,  para peserta langsung menikmati sesi utama yang menampilkan kakak Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia 2016 dan juga presenter TV nasional yang terkemuka. Di sini kakak Najwa menerangkan dengan sangat menarik tentang pentingnya membaca buku. Menurut kakak Najwa, buku harus dianggap bahan kebutuhan pokok. Seperti halnya makan dan minum. “ Tubuh kita membutuhkan asupan makanan, Jiwa kita membutuhkan asupan rohani dan otak kita membutuhkan asupan buku,” demikian menurut kak Najwa.

Gerakan membaca buku harus menjadi gerakan nasional. Dan peserta konferensi Anak Indonesia 2016 dapat menjadi duta buku saat kembali ke daerahnya masing-masing, demikian jelas kakak Najwa. “Ingin menjadi anak pintar? Baca buku!” demikian jelas kakak Najwa.

Setelah selesai , para peserta kemudian melakukan foto bersama dengan kakak Najwa shihab. Tak hanya peserta tetapi juga para orangtuanya. Suasana riang kembali terlihat di sesi pemotretan ini. Dari pose serius hingga pose lucu mereka lakukan.

Dilanjutkan kemudian dengan istirahat dan makan siang. Peserta mulai masuk lagi ke Aula sekitar pukul setengah dua  iang. Mereka kembali mendapatkan sesi menarik yang membahas seluk beluk dunia buku.  Sesi dengan narasumber Kak Imelda Naomi dengan fasilitator Kak Ita Herawati (Kak Tata) ini, anak – anak diajak mengenal jenis – jenis buku, struktur buku dan hal lainnya yang terkait dengan buku. Setelah puas berkenalan dengan buku, para peserta kembali istirahat untuk melaksanakan shalat ashar. Setelah itu,  kegiatan hari pertama ini ditutup oleh sesi Berani Bercerita yang masih dibawakan oleh Kak Naomy dan Kak Tata. Disini para peserta diajari kemampuan untuk dapat berkisah dan bertutur sebuah cerita dengan baik.

buku3

Di hari pertama ini, selain anak- anak mendapatkan pengetahuan yang luas tentang buku dan membaca, orang tua yang datang mendampingi putra – putrinya juga mendapatkan workshop dan diskusi tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang mendukung minat dan kemampuan baca anak yang disampaikan dengan dinamis dan interaktif oleh Relawan Riset dan Pengembangan 1001buku yaitu Kak. Rachmat Irwansyah.

 

sumber : 1001buku.or.id

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *