Akber Jakarta : Story Telling, Mengajak Audience Merasakan Langsung Experience Dalam Cerita

Apa yang ada di pikiran Akberians ketika mendengar kata storytelling?

Banyak hal yang bisaย  mendifinisikan arti dari storytelling, salah satunya adalah “teknik bercerita untuk menyampaikan message yang dikemas sedemikian rupa”, menurut salah satu Akberians yang hadir di kelas Storytelling Akber Jakarta bersama Paman Gery 23 Agustus 2016 lalu.

Menurut Paman Gery, storytelling sangat penting, apalagi di social media. Ada 2 cara menyampaikan storytelling, yaitu:

1) push the information out

2) pull them in with story. Jadi tak hanya melulu menyampaikan informasi, dalam storytelling seorang pencerita juga harus mengajak audience merasakan langsung ‘experience’ yang pencerita rasakan.

Mungkin Akberians sedikit bertanya, “bagaimana cara menarik perhatian audience dalam storytelling?” Salah satu tips dari Paman Gery, buat headline yang semenarik mungkin! Headline sangat penting sebagai pantikan agar audience tertarik dengan cerita yang ingin kita bawa. Nah, headline yang menarik itu seperti apa? “Taruh HINT di depan!” Misalnya, poin yang ingin kita sampaikan adalah ‘menjaga kelestarian Danau Toba’. Akan lebih baik jika menunjukkan hint yang kuat di awal seperti “Danau Toba sekarang kotor”, ketimbang berbicara tentang keindahan Danau Toba.

Tips lain yang diberikan Paman Gery dalam storytelling adalah selalu menerapkan prinsip berikut agar cerita yang dibangun bisa tertancap di benak audience:
Live
– Create
– Tell the story
– Repeat

Sudah siap membuat tulisan atau aktivitas dengan storytelling? Ayo praktikkan beberapa tips dari Paman Gery di atas ya, Akberians. Sampai jumpa di kelas Akber Jakarta selanjutnya. ๐Ÿ™‚

 

sumber : akademiberbagi.org

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *