Earth Hour Tangerang Sukses Gelar Ceremonial Switch Off 2016 di Pasar Lama

Sabtu 19 Maret 2016 merupakan puncak oleh Earth Hour Tangerang dan Earth Hour melakukan gerakan kampanye sukarela yang dilaksanakan serempak di seluruh dunia atau yang lebih dikenal sebagai Ceremonial Switch Off. Acara ini dilaksanakan di Pasar Lama Kota Tangerang dimulai dari pukul 16.00 – 22.00 WIB. Ceremonial Switch Off merupakan gerakan mematikan lampu selama satu jam mulai dari pukul 20.30 – 21.30 sebagai aksi simbolis untuk penghematan energi. Aksi ini dilaksanakan setiap tahunnya di hari Sabtu pada akhir bulan Maret.

Switch Off tahun ini dilaksanakan dengan mengusung tema ‘Shine a Light on Climate Action’ berkonsep karnival dan Culinary Night di Pasar Lama. Sebanyak 18 komunitas dari seluruh Tangerang hadir dan ikut berpartisipasi dalam acara ini. Acara dimulai dengan melakukan parade keliling Pasar Lama, memutar ke bantaran kali Cisadane, hingga kembali ke Pasar Lama. Setelah itu sebagian komunitas yang hadir menampilkan keahlian masing-masing seperti BMX yang melakukan atraksi dengan sepeda, PPMI (Purna Prakarya Muda Indonesia) yang menampilkan Tari Lenggang Cisadane dan debus yang merupakan ciri khas dari Provinsi Banten. Ada juga pembagian 700 reusable bag kepada pengunjung yang disertai dengan edukasi untuk mengurangi sampah plastik dan menggantikannya dengan reusable bag.

Acara ini dihadiri oleh walikota Tangerang Bapak Arief R. Wismansyah beserta jajaran kepala dinas, juga Duta Earth Hour Tangerang 2016 Febby Lomena. “Terima kasih kepada Earth Hour Tangerang yang selalu konsisten menjaga lingkungan Kota Tangerang menjadi kota yang sejuk, semoga kegiatan seperti ini dapat berlangsung terus,” ucap walikota dalam sambutannya.

Pukul 20.30, Walikota Tangerang, Duta Earth Hour Tangerang, perwakilan korporasi, ketua pelaksana dan koordinator kota Earth Hour Tangerang melakukan Switch Off di atas panggung diikuti dengan pemadaman lampu di sekitar Pasar Lama, termasuk lampu puluhan kios pedagang padam dan digantikan dengan cahaya lilin. Lilin berbentuk 60+ sebagai simbol Switch Off yang bermakna matikan lampu selama 60 menit selanjutnya jadikan gaya hidup dipasang dan dinyalakan di depan panggung. Lampu dinyalakan kembali secara simbolis pukul 21.30, diikuti dengan switch on di seluruh Pasar Lama.

“Dengan acara ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk memulai gaya hidup ramah lingkungan dengan cara menghemat energi dan juga cara lainnya,” ucap Danang, ketua pelaksana switch off. Acara ditutup dengan melakukan senam singkat bersama seluruh panitia, komunitas, dan masyarakat yang hadir serta penyerahan hadiah kuis.

Sumber: Wystara

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *