Memperingati Sumpah Pemuda Komunitas Sastra Air Pasang Borong Gelar Malam Puisi

Bangsa Indonesia ini merupakan bangsa yang sangat besar. Besarnya Bangsa Indonesia sudah dibuktikan dengan berbagai peristiwa bersejarah. Salah satunya peristiwa sumpah pemuda 28 0ktober 1928. Dimana pemuda seluruh Nusantara mengikrarkan sumpahnya dengan tiga kekuatan yg mampuh menyatuhkan Sabang sampai Merauke.

Mengingat hal bersejarah itu, komunitas sastra Air pasang, gelar malam puisi bertema PEMUDA INSPIRASI MEMBANGUN BANGSA LEWAT PUISI. Bertempat di aulah paroki Borong Pada tanggal 25 okober malam, dihadiri peserta dari setiap sekolah tingkat SMA dan menjadi tuanrumahnya adalah SMAK PANCASILA BORONG.

Ketua Komunitas Sastra Air Pasang Alfred Tuname menjelaskan kepada media ini pada saat ditemui dilokasi selasa malam 25/10 ; Acara ini berawal dari hasil diskusi teman teman komunitas sastra Air Pasang, Komunitas GENIT SMA PANCASILA BORONG, Klompok Sastra BEKAS seminari pius Kisol Dan teman teman journalis untuk mengisi hari sumpah pemuda. Menurutnya, karena sumpah pemuda itu puisi yang bisa menggerakan semangat pemuda untuk pempersatukan bangsa ini. Lanjutnya, kegiatan ini dihadiri oleh semua pelajar di sekitaran Borong seperti SMAN 2 BORONG, SMAK PANCA SILA, SMK TIARA NUSA BORONG, DAN SMA SEMINARI PIUS KISOL.

Senada dengan itu Ketua panitia pelaksana Fr. Marek Marselinus,SVD menjelaskan keada media bahwa kegiatan ini merupakan tempat atau media untuk menggalih potensi potensi siswa dalam berkarya sastra puisi. Harapannya sebagai pendiri kegiatan ini, Fr.Marselinus berharap semoga kegiatan ini terus diisi setiap tahunnya biar komunitas sastra akan terus mekar Karena puisi itu indah dan dapat di ditafsirkan oleh siapa saja dengan daya serap masing masing.
Acara ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bapak Andreas Agas,SH.,M.Hum. Selain acara tukar mading antar sekolah, malam ini (selasa malam 25/10 red) kita isi juga dengan acara Musikalisasi puisi yang dibawahkan oleh SMAN2 dan Pentas monolog oleh SMA SANPIO , Dan diakiri dengan acara lomba buat dan membacakan puisi dalam waktu 5 menit.

Diapun mengatakan ”acara itu dijuarai oleh :juara 1 Wihelmina Paskalia Apriliani siswi perwakilan SMAN2 Borong, juara 2 adalah Lois Kilan Kiu perwakilan SMA seminari Sanpio kisol. Dan Juara 3 adalah Mersi Ludgardis siswi SMK TIARA NUSA. Kegiatan ini rupanya disambut baik oleh siswa siswi.

Keeni siswa SMAK Pancasila menjelaskan kepada media FE ”kami siswa tentu saja sangat senang dan sangat bangga bisa diadakan kegiatan seperti ini, semua bakat kami dibidang sastra akan kami tuangkan pada saat ini dan kami termotifasi untuk lebih giat bajar seperti membaca buku sastra khususnya.

Sumber: FLORES EDITORIAL

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *