Dian Sastrowardoyo beramal menyanyi untuk Yayasan HoshiZora

Aktris pemeran Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC), Dian Sastrowardoyo (34), menjadi rekan duet Tompi dalam lagu “Bawalah Daku” yang termuat dalam album Romansa. Hasil penjualan lagu tersebut disumbangkan untuk Yayasan Hoshizora.

Dalam laman situs web hoshizora.org dijelaskan, yayasan yang berdiri sejak 2006 itu dipelopori oleh beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Jepang. Mereka ingin berbuat sesuatu untuk memastikan setiap anak Indonesia mendapatkan pendidikan layak.

Bentuk kepeduliannya tertuang dalam program pemberian beasiswa untuk anak yang berprestasi dan mempunyai motivasi tinggi, namun mempunyai hambatan dari segi finansial. Donatur disebut Kakak Asuh (Kakak Bintang), sementara penerima beasiswa mendapat sebutan Adik Asuh (Adik Bintang).

Sekitar 1.000 anak yang telah bergabung ini tersebar di seluruh Indonesia. Kepedulian Yayasan Hoshizora dalam bidang pendidikan membuat Dian yang 2014 silam menamatkan kuliah Strata 2 di Jurusan Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, tertarik menjadi Kakak Bintang.

Dian bersedia membiayai enam anak untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi hingga selesai melalui program Beasiswa Dian.

Saat pesta peluncuran album Romansa di Galeri Oktagon, Gunung Sahari, Jakarta Pusat (2/11/2016), Tompi mengaku bahwa mengajak Dian untuk menyanyi bukan pekerjaan mudah.

“Paling sulit adalah meyakinkannya ikut rekaman. Dian memang sempat kursus vokal di beberapa tempat di Jakarta, tapi enggak pernah kesampaian bikin album. Mungkin karena faktor waktu, dia kan sudah mulai berkeluarga juga,” ujar pemilik nama asli Teuku Adifitrian dilansir Liputan6.com.

Setelah Dian mengiyakan tawaran berduet dengan syarat hasil penjualannya disumbangkan untuk amal, penyanyi yang juga berprofesi sebagai dokter bedah plastik itu masih harus menggunakan trik.

Alkisah, peraih Piala Citra 2004 itu sedang berada di studio rekaman bersama Tompi. Sebagai pemanasan, Dian mulai menyanyikan beberapa kali lagu “Bawalah Daku”. Tanpa disadarinya, bagian pemanasan tersebut telah direkam.

“Kalau orang baru pertama kali rekaman mungkin suka gugup, jadi saya sengaja menipu Dian, biar suara yang didapat lebih natural karena Dian juga menyanyinya lebih rileks,” ungkap Tompi.

Hadir dalam sebuah album musik sebenarnya bukan hal yang baru dilakoni Dian. Lebih dari satu dekade silam, namanya tercatat pernah muncul dalam lagu “Alhamdulillah” milik Too Phat, kelompok asal Malaysia yang diperkuat penyanyi rap Joe Flizzow dan Malique.

Hanya saja, kala itu Dian tidak bisa dibilang sedang bernyanyi. Pasalnya dia hanya membacakan barisan puisi. Persis seperti yang dilakukannya dalam salah satu adegan dalam film AADC.

Terkejut namanya dipanggil Anda Perdana naik ke atas panggung sebuah kafe yang didatanginya bersama Rangga (diperankan Nicholas Saputra), Cinta kemudian membacakan barisan puisi dengan iringan gitar akustik.

Beberapa kali juga istri Indraguna Sutowo itu menjajal kemampuan suaranya dalam aplikasi karaoke Smule. Simaklah saat ia menyanyikan lagu “Brown Skin” milik penyanyi soul India Arie.

Album Romansa yang didistribusikan Royal Prima Musikindo (RPM) berisi sembilan lagu. “Sandiwara” terpilih sebagai lagu tunggal jagoan pertama yang diluncurkan. Aslinya telah selesai lebih dari setahun lalu. Namun, pesta peluncurannya baru dilakukan Tompi dua hari silam.

Perilisan album dengan launching party yang lumayan berjeda itu karena Tompi tidak menginginkan acara ala kadarnya. “Pengin yang lebih ada konten dan pesan,” terangnya menyitir laman metrotvnews.com.

Acara tersebut memang bukan hanya berisi peluncuran album, tapi juga berlangsung pameran foto dengan kamera analog yang berjudul “Chinese Ink”. Semuanya adalah karya Tompi.

Sumber: Beritagar

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *