3 TIPS MEMILIH BIBIT AYAM PETELUR YANG SEHAT

Jika anda akan menjalankan bisnis ayam petelur maka ada banyak sekali hal yang harus anda perhatikan. Salah satu hal yang wajib anda perhatikan adalah dari segi pemilihan bibit ayam petelur. Anda tidak boleh memilih bibit sembarangan karena jika anda memilih bibit sembarangan maka bibit tersebut belum tentu bibit yang berkualitas. Lebih baik anda berhati-hati pada saat memilih bibit ayam untuk usaha anda. Dibawah ini akan dijelaskan 3 tips memilih bibit ayam yang sehat dan berkualitas, menurut Komunitas Peternak Ayam Petelur;

  • Tips pertama dalam memilih bibit ayam petelur adalah dengan memilih bibit ayam yang sudah cukup lama berada dalam pedagang. Bibit ayam yang sudah lama pada pedagang berarti sudah pasti sehat. Akan tetapi jika anda memilih bibit ayam petelur yang baru datang dari supleyer maka bibit tersebut belum tentu sehat. Biasanya bibit ayam yang baru datang akan mudah stres karena perjalanan jauh. Dengan demikian bibit tersebut menjadi mudah mati jika tidak ditangani dengan baik. Akan tetapi bibit yang sudah lama ada pada pedagang sudah tidak stres dan lebih sehat.
  • Tips kedua memilih bibit ayam petelur adalah dengan memilih bibit yang aktif. Bibit ayam yang aktif menandakan jika bibit tersebut sehat. Itu sangat berbeda jika anda bandingkan dengan ayam yang sakit dimana ayam yang sakit akan tidak aktif. Jika anda memilih bibit yang sehat dan berkualitas maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Hal tersebut dikarenakan bibit yang sehat bisa memproduksi telur lebih banyak.
  • Tips yang ketiga memilih ayam petelur adalah dengan memastikan bibit tersebut mau makan dengan rakus. Ayam yang mau makan dengan rakus menandakan ayam tersebut sehat. Akan tetapi jika ayam tersebut malas makan maka ayam tersebut dalam keadaan stres ataupun sakit. Anda jangan sampai memilih ayam yang malas makan karena ayam yang malas makan akan sangat mudah untuk mati. Dengan melihat penjelasan diatas pasti anda sudah mengerti bagaimana memilih bibit ayam petelur yang berkualitas dan sehat. Jika anda memilih bibit ayam yang tepat usaha anda akan menjadi lebih maksimal.

Description: Ayam petelur yang baik memang sudah terlihat dari masih bentuk bibit. Dengan demikian jika anda akan menjalankan usaha ini maka anda harus memilih bibit yang sehat.

Sumber: KOMUNITAS AYAM PETELUR

FOTO: AGRIBISNIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *