Forkom Peduli Sosial & Pendidikan Semarang: Tempat Berbaur Komunitas Sosial dan Pendidikan di Semarang

Β Forum Komunikasi Peduli Sosial dan Pendidikan atau yang kemudian disingkat Forkom PSP merupakan suatu wadah ajang berkumpulnya komunitas yang concern pada bidang sosial dan bidang pendidikan di Kota Semarang.

Sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan acara Diskusi dan Silaturahmi Komunitas Sosial dan Pendidikan Kota Semarang pada hari Minggu, 8 Maret 2015, muncullah usulan dari beberapa peserta diskusi untuk membentuk sebuah forum yang bisa mewadahi organisasi-organisasi sosial dan pendidikan di kota Semarang agar bisa tetap saling berkomunikasi. Apalagi mengingat fakta yang terjadi di lapangan selama ini, masing-masing organisasi berjalan sendiri-sendiri, padahal jika ditarik benang merahnya semua organisasi memiliki tujuan yang sama, yaitu kepedulian terhadap segala hal yang berkaitan dengan dunia sosial dan pendidikan. Jika masing-masing organisasi berjalan sendiri saja sudah bisa memberikan dampak positif yang luar biasa bagi lingkungan sekitarnya, bisa dibayangkan jika semua organisasi ini saling bergandengan tangan satu sama lainnya tentu dampak positif yang dihasilkan akan semakin bertambah luar biasa dan menghasilkan efek domino yang semakin meluas khususnya di seluruh penjuru kota Semarang. Lalu disepakatilah adanya pembentukan Forum Komunikasi Peduli Sosial dan Pendidikan yang kemudian disingkat menjadi Forkom PSP. Harapannya, melalui forum ini semua organisasi bisa berjalan bersama-sama, bergerak bersama-sama, berjuang bersama-sama dengan tetap menjaga kearifan lokal dan kekhasan yang dimiliki masing-masing organisasi sosial dan pendidikan tersebut.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa Forkom PSP adalah sebuah wadah yang menjadi fasilitator berbagai organisasi sosial dan pendidikan di kota Semarang. Lewat Forkom PSP ini, setiap organisasi yang terdaftar sebagai anggota bisa saling berkomunikasi dan berinteraksi, saling bertukar informasi dan bertukar pikiran, berbagi pengalaman, dan saling membantu satu sama lain. Dalam forum ini, semua anggota yang tergabung di dalamnya sama-sama saling belajar, tidak ada yang mengajari dan tidak ada yang diajari.

Awalnya, Forkom PSP merupakan suatu wadah yang hanya beranggotakan segelintir komunitas. Namun, seiring berjalannya waktu kini Forkom PSP semakin dikenal, tercatat ada 24 Komunitas yang telah menyatakan kesediaannya untuk bergabung.

Sumber: Laman Forkom PSP

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *