Rumah Zakat dan Komunitas Djelajah Borneo Gelar Aksi Pungut Sampah

Relawan RZ (Rumah Zakat) bersama Komunitas Djelajah Borneo melakukan aksi pungut sampah untuk menciptakan Kota Pontianak yang bersih dan sehat. Kegiatan dilakukan di wilayah GOR Pangsuma dan sepanjang jalan Car Free Day di Jl. Jenderal Ahmad Yani, Benua Melayu Darat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

“Tujuan lain dari aksi pungut sampah ini yaitu untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat pada lingkungan. Sebab, sebagian besar penyebab terjadinya bencana karena mulai lunturnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan terutama sampah,” kata Sri Yuniarti, Relawan RZ Pontianak, Selasa, (22/11).

Gerakan Aksi Pungut Sampah diikuti oleh 24 orang yang terdiri dari Relawan RZ dan anggota Komunitas Djelajah Borneo. Febrianti Nova, anggota Komunitas Djelajah Borneo mengatakan ini adalah kegiatan pertama yang mereka laksanakan.

“Alhamdulillah ini langkah pertama kami dalam kegiatan sosial dan aksi bersih-bersih lingkungan. Semoga sinergi perdana ini dapat terus berlanjut dan menambah semangat dari tiap anggota kita, juga menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat untuk semakin peduli pada lingkungan,” kata Febrianti dalam keterangan tertulis.

Selain di wilayah Car Free Day, aksi pungut sampah juga rutin dilaksanakan di pemukiman warga dan tepian Sungai Kapuas.

Kegiatan pungut sampah juga sudah dilaksanakan oleh RZ di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Balikpapan, Makassar, Samarinda, dan Pekanbaru.

Sumber: Republika

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *