Sambut Hari Pahlawan, Komunitas Ontel Santuni Janda Veteran dan Ziarah ke Makam Pahlawan

Demi mengenang jasa para pahlawan dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan generasi muda, puluhan anggota Komunitas Onthel Pinrang ( Kopi) sulawesi selatan berziarah ke Taman Makan Pahlawan (TMP), Selain berziarah sambil mebersihkan taman makam pahlawan, Komunitas kopi juga menyasar rumah-rumah para janda veteran sambil memberikan bantuan sembako di kota Pinrang sulawesi selatan, Rabu (9/11).

Beragam cara masyarakat memeriahkan dan menyambut hari pahlawan yang diperingati setiap 10 november, kamis besok.

Komunitas sepeda onthel pinrang (kopi) misalnya memaknai hari pahlawan dengan cara menyambangi rumah-rumah para janda veteran sambil menyalurkan bantuan sembako seperti beras, telur, minyak goreng dan makanan instan lainnya.

Mereka menyasar lorong demi lorong untuk mencari janda janda veteran yang hidup dalam keterbatasan. Mereka tak hanya sekedar memberi bantuan sembako mereka juga menjadi pelipur lara para janda yang selama ini hidup kesepian dan keterbatasan.

Salah satu janda veteran yang disambnagi para ontel adalah hasmiah,  janda veteran letnan arsyad yang semasa hidupnya terlibat dalam serangkaian upaya memperjuangkan kemerdekaan negara ini tampak sangat terhibur saat para anak-anak muda ini menyambangi dan menghibur mereka..

Hasmiah pun mengenang dan menceritakan heroisme suaminya dalam membela dan mempertahankan kemerdekaan republik indonesia.

“Sekarang kita sudah enak, bisa bepergian kemana saja dan tidak diburu-buru penjajah,”ujar hasmiah.

Usai bersilaturrahmi ke rumah-rumah para janda veteran, komuniitas ontel yang sebagian besar keluarga para veteran ini  kemudian berkeliling kota sambil bersepeda ontel. Mereka berharap sepeda ontel yang menjadi sarana transfortasi para pahlawan tempo doeloe yang sebagian di produksi abad 18 itu bisa melecut semangat warga untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan.

Komunitas ontel juga berziarah ke taman makam pahlawan (TMP) Palia Pinrang. Selain membersihkan taman makam pahlawan, mereka juga mendoakan arwah para pahlawan yang telah berjasa memperjuangkan kemerdekaan RI.

Anggota komunitas onthel  pinrang, mukhtar menyebutkan, serangkaian kegiatan sosial yang dilakuka komunitas kopi pinrang adalah bagian dari upaya anak bangsa dala menghargai dna mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

“Ini salah satu cara kita merawat semnagat nasionalisme dan patritosme sebagai generasi anak bangsa yang tidak pernah lupa dnegan jasa para pahlawan yang telah mengorbankan diri dna keluartga kmereka unutk negeri.,”tutur Mukhtar, anggota komunitas onthel  pinrang.

Usai melakukan aksi sosial, komunitas ini memamfaatkan sekertariat komunitas mereka untuk merancang berbagai kegiatan kegiatan sosial yang dilakukan oleh komunitas itu.

Sumber: Indonesia Setara

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *