Teras Baca Guyub Rukun: Peduli Dengan Akses Informasi Yang Gratis

Taman Baca Masyarakat (TBM) yang bernama “Teras Baca Guyub Rukun”, atas prakarsa dari perkumpulan anak remaja dari sebuah dusun di wilayah Jl. Jogja-Wates KM. 13, Jambon, Argosari Sedayu, Bantul. Sebuah desa di wilayah barat Yogyakarta yang perbatasan dengan wilayah Purworejo. Desa yang masih asri dan ramah, yang masih memegang teguh warisan budaya lokal akan tetapi tidak ketinggalan zaman dibuktikan dengan pemuda-pemudinya yang kreatif dan peduli akan kearifan lokal di desanya.

Taman Bacaan Masyarakat ini didirikan oleh pemuda-pemudi dusun setempat dikarenakan keinginan mereka untuk memberikan fasilitas tempat baca dan rekreasi bagi masyarakat melalui satu wadah dan satu tempat yang bisa memudahkan akses untuk mencari informasi secara gratis. Atas keinginan yang kuat ini didirikanlah Taman Baca Masyarakat (TBM) pada 17 Mei 2015 dengan besaran koleksi masih sekitaran 500 judul buku yang berasal dari beberapa swadaya masyarakat dan sumbangan-sumbangan dari donatur, dan fasilitas yang masih minim.

Taman Baca tersebut dibangun atas prakarsa perkumpulan pemuda dan pemudi dari dua Rt dusun Jambon yang sudah terlebih dahulu diberi nama “Guyub Rukun”. Selain itu terkandung makna filosofis dari istilah “Guyub Rukun” yaitu perkumpulan dari banyak orang dari berbagai level masyarakat, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagiannya berkumpul membangun sebuah perkumpulan dan selalu tetap rukun/ kompak dalam perkumpulan tersebut. Dari filosofi itu diharapkan semua lapisan masyarakat yang ada di dusun itu senantiasa kompak dalam sebuah wadah Taman Baca Masyarakat yang akan mencerdaskan bangsa.

Kegiatan kreatif juga dilakukan oleh TBM Teras Baca Guyub Rukun seperti penyediaan sarana “ingkling” di teras TBM yang digambar permanen  untuk permainan tradisional yang bisa dimainkan oleh siapa saja baik dewasa maupun anak-anak. Rak yang digunakan pun bukan rak biasa seperti kebanyakan, tetapi anak-anak muda kreatif memanfaatkan bambu yang dibuat menjadi rak buku. Rak seperti itu dibuat dari beberapa potongan bambu yang disusun sedemikian rupa agar bisa digunakan sebagai rak, murah, mudah dan unik. Banyak aksesoris-aksesoris TBM yang dibuat untuk membuat TBM semakin meriah tetapi sekali lagi tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Hal ini membuat TBM semakin semarak dan nyaman sebagai tempat berkegiatan. Selain itu, tidak lupa, tim Sosmed selalu update kegiatan dan sarana yang ada di Guyub Rukun agar bisa diketahui oleh masyarakat.

Sumber: Teras Baca Guyub Rukun

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *