Gejala rpm tidak stabil saat idle, kerap ditemukan pada mesin yang jarang dirawat. Atau rpm yang suka enggak mau turun alias nyangkut. Kejadian tadi pernah dirasakan oleh Tito, salah satu anggota New Avanza Xenia Community (NEXA) pada Toyota Avanza 1.5 miliknya.
Itu sumbernya dari Throttle Body (TB) yang kotor atau Idle Sensor Control (ISC) yang diselimuti oleh kotoran yang berasal dari uap oli mesin. Dengan bantuan salah satu teman di NEXA yang kebetulan ahli mesin, ternyata ISC tersebut dapat dibersihkan sendiri. “Caranya gampang banget namun perlu berhati-hati saat membersihkannya. Kalau salah bersihin malah ISC nya rusak,” ujar Anton.
Di samping proses membersihkannya enggak susah, biaya yang perlu dikeluarkan juga enggak mahal. Hanya sekitar Rp 30 ribu – 50 ribu saja. Untuk membersihkannya dibutuhkan cairan DCS atau Nulon yang mudah ditemukan di toko-toko aksesori mobil.
Sumber: OTOMOTIFNET