LSPR – JAKARTA BUKTIKAN JADI KAMPUS INKLUSI

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi The London School of Public Relations – Jakarta (LSPR-Jakarta) kembali menyelenggarakan wisuda dengan melantik 1041 alumni baik dari program sarjana maupun pasca sarjana, diantara wisudawan tersebut akan dilantik beberapa public figure Indonesia. Namun istimewanya, acara yang berlangsung di Ballroom Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, Jakarta Pusat ini turut meluluskan satu mahasiswa berkebutuhan khusus bernama Kouji Santoso Eto. Pria yang menderita Sindrom Asperger ini merupakan lulusan pertama dari program inklusi yang diinisiasi oleh LSPR – Jakarta pada tahun 2012 silam.

Kouji lulus dari konsentrasi Periklanan dan berhasil menghasilkan karya akhir berupa desain buku yang berjudul “Aku Asperger”. Proses belajar Kouji bukanlah hal yang mudah, diperlukan dukungan penuh dari pada dosen, karyawan, dan mahasiswa lainnya. LSPR – Jakarta secara berkelanjutan menjelaskan kondisi Kouji kepada setiap dosen dan teman sekelasnya pada awal semester, dengan tujuan menciptakan suasana belajar yang kondusif bagi semua mahasiswa.

Pada perjalanan menuju gelar sarjana, Kouji juga melewati tahapan magang atau latihan kerja sebagai operator desainer di Lembaga Pelatihan Keterampilan London School Beyond Academy. Sebagai sekolah tinggi yang fokus pada Ilmu Komunikasi, LSPR – Jakarta merasa perlu membentuk perguruan tinggi inklusi, tujuannya tak lain agar calon mahasiswa berkebutuhan khusus mendapat kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan tinggi.

“Komitmen LSPR – Jakarta dalam hal ini nampak dari para pengajar yang sangat terbuka dengan mahasiswa berkebutuhan khusus, baik dalam cara penyampaian materi maupun menyediakan waktu luang untuk berdiskusi. Pihak kampus juga mempersiapkan lingkungan yang nyaman dan kondusif agar para mahasiswa umum dapat belajar berdampingan dengan mahasiswa peserta program inklusi. Kami terus menyampaikan sosialisasi seputar penyandang autis dan bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka,” ujar Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR., Founder & Director LSPR Jakarta.

DOK: LSPR Jakarta

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke k[email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *