Indorunners Ambon; Motivasi Anggota Menuju Sehat Secara Sukarela

Komunitas Indorunners Ambon menyebarkan virus lari kepada masyarakat melalui kegiatan #Merdeka Run dalam memperingati HUT RI ke-71, Selasa (16/8).

Kegiatan berkonsep #Merdeka run dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-71 dilakukan di tiga rute yang mencirikan nuansa Proklamasi RI yakni jarak tempuh 20,16 KM, 17,45 KM dan delapan KM.

Salah satu anggota komunitas Indorunners Ambon, Devy Yondi menyatakan kegiatan dilaksanakan sejak pukul 05.00 WIT melibatkan komunitas dan masyarakat, dilaksanakan di tiga rute yakni 20,16 km yang melambangkan tahun 2016 yakni HUT ke-71 dimulai dari desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon.

Dilanjutkan jarak 17,45 KM yang merupakan simbol tanggal dan tahun kemerdekaan RI yakni dari monumen Ambon City of Music, Negeri Hative Besar.

Pada titik ini kedua tim kemudian bergabung dan lanjut berlari ke arah depan Patung Dr.J.B Leimena, desa Poka yang menjadi titik untuk rute delapan KM yang melambangkan Agustus sebagai bulan kemerdekaan.

Selanjutnya dari titik delapan KM, keseluruhan anggota berlari menyusuri Jembatan Merah Putih (JMP), Jl.Jenderal Sudirman Batu Merah, Jl. Rijali Belakang Soya,. A. Yani Batu Meja, Diponegoro Urimessing, Jl A. M. Sangadji,A. Y. Patty dan finish di depan monumen Gong Perdamaian Dunia (GPD).

“Sepanjang perjalanan menuju garis finish yakni kawasan JMP juga membagikan bendera merah putih kepada masyarakat. Aksi ini diikuti masyarakat yakni berlari bersama Komunitas Indorunners sampai ke garis finish,” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini selain dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi RI, juga memiliki dampak positif lain yakni menyehatkan tubuh.

“Terlebih dari itu, kita menginginkan supaya virus positif dari berlari ini dapat tersebar ke seluruh masyarakat, khusus di Kota Ambon, karena oleh raga lari itu gratis,” tandasnya.

Diakuinya, olah raga lari juga dapat meningkatkan solidaritas dan keakraban antar esama anggota Indorunners. Anggota komunitas ini berasal dari berbagai kalangan.

“Komunitas Indorunners Ambon berasal dari beragai kalangan yakni PNS, pegawai Bank, TNI, Polri dan mahasiswa. Dua diantaranya adalah Kepala BNN Maluku dan General Manager Swiss-Belhotel Ambon. Semua anggota secara aktif terus mengikuti kegiatan yang dijalankan oleh komunitas,”katanya.

Devy menambahkan, komunitas Indorruner Ambon direncanakan akan mengadakan kegiatan dengan konsep #MalukuRun menjelang HUT Provinsi Maluku ke-71 pada 19 Agustus 2016.

“Rute lari yang akan ditempuh yakni dua rute yang melambangkan hari jadi provinsi Maluku,” ujarnya.

Komunitas Indorunners Ambon dibangun untuk memotivasi anggota menuju sehat secara sukarela dan secara khusus mewujudkan Indonesia Sehat. Komunitas Indorunners Ambon sendiri merupakan komunitas lari yang didirikan pada 8 Juni 2015.

Sumber: Tribun Maluku

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *