Tampil Lebih Keren Dengan Pasang Side Maker Toyota Kijang

Beberapa waktu belakangan di kalangan penyuka modifikasi, terlihat mereka memasang side marker. Tidak hanya terlihat lebih keren, tapi ada fungsinya loh. “Kalau kita bilangnya ini menganut gaya USDM (Amerika) atau EUDM (Eropa), karena di sana memang wajib pakai,” ujar Hendar, salah satu anggota Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) yang sudah memasang.

Di Amerika Serikat dan Eropa, hampir setiap mobil yang dijual diwajibkan untuk menggunakan side marker di sisi kiri dan kanan bodi. “Umumnya depan dan belakang, tapi ada juga yang cuma depan saja.

Fungsinya lebih ke arah safety, jadi pada saat gelap terkena lampu mobil dari arah samping, ada bias lampu dari ‘mata kucingnya’,” ujar Riondi, kru TKCI yang pakai Toyota Kijang Kapsul tahun 1997.

Nah, ternyata mereka memasang sendiri side marker ini! “Gampang kok masangnya, paling yang agak ribet cuma narik kabelnya aja,” ujar Hendar. Nah, kali ini yang jadi contoh pemasangan adalah mobil Kijang Kapsulnya.

“Saya pasang side marker Honda CR-V gen 1 yang enggak ada lampunya, masangnya juga lebih gampang tapi fungsi hampir sama,” tutur Riondi lagi. Silahkan disimak ya:

  • Sebelum mengebor bodi, buat dulu mal dari bahan karton atau kertas kalkir mengikuti bentuk side marker-nya dan tempel ke area yang akan dipasang. “Lebih enak lagi ditempel pakai selotip kertas, jadi lebih megang,” ujar Riondi.
  • Setelah kertas mal ditempel, mulailah menggerinda bodi menggunakan gerinda kecil agar mudah mengikuti bentuknya. “Ikuti saja garis dari mal kertas itu, jangan sampai keluar dari garis supaya enggak kebesaran,” tukasnya.
  • Kemudian jangan lupa pasang dudukan baut yang tersedia untuk ‘memegang’ side marker ini dari bagian dalam. “Dudukan ini sudah ada berikut side marker-nya, jadi memang sudah pas,” jelas Hendar.
  • Masukkan side marker ke lubang yang sudah dibuat tadi, kalau mau lebih aman, tambahkan sedikit sealant atau double tape kertas agar tidak mudah lepas dari bodi.
  • Sudah terpasang rapi kan sekarang? Keren loh! Nah, “Ini contoh side marker yang tidak pakai lampu ya, kalau yang pakai lampu tinggal tambah kabel yang diparalelkan ke lampu kecil atau lampu senja,” tutup Riondi.

Sumber: OTOMOTIFNET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *