Komunitas RSBS: Dari Tasik Menuju Indonesia Resik

Sampah merupakan salah satu permasalahan yang tak kunjung usai. Tercatat dalam satu hari Indonesia dapat menghasilkan sebanyak 200.000 ton sampah, itu artinya dalam satu tahun Indonesia menghasilkan sampah sebanyak 73.000.000 ton. Jika tidak ditangani serius, cepat dan tepat maka permasalahan sampah ini akan semakin sulit diselesaikan bahkan dapat berimbas pada aspek lain, seperti kesehatan, lingkungan, pendidikan serta moral masyarakat itu sendiri. Tentu kita semua masih ingat dengan banjir tahunan di Jakarta, pencemaran udara di berbagai wilayah dan yang paling menghebohkan, kejadian pada tanggal 21 februari 2005 yakni longsornya 2,7 juta meter kubik sampah di TPA leuwi gajah yang menelan 140 korban jiwa serta 69 rumah rusak parah.

Untuk menangani permasalahan sampah ini diperlukan kerjasama serta kesadaran dari setiap Individu untuk melakukan langkah antisipatif untuk meminimalisir dampak yang berkepanjangan. Ironisnya meski dihadapkan dengan segala permasalahan dan dampak negatif sampah, masyarakat cenderung tak peduli akan bahaya sampah yang senantiasa mengintai kehidupan mereka. Maka hal ini pula yang melatarbelakangi tercetusnya ide untuk mendirikan sebuah Komunitas yang bergerak dalam hal lingkungan yang kemudian diberi nama Komunitas Rumah Sampah Berbasis Sekolah (Komunitas RSBS) dengan tagline Dari Tasik Menuju Indonesia Resik.

Melalui Komunitas RSBS inilah sejumlah anak muda kreatif di Tasikmalaya melakukan penyadaran kepada masyarakat terhadap bahaya sampah. Untuk merealisasikan gerakan penyadaran ini, Komunitas RSBS melakukan beberapa program kerja, diantaranya RSBS goes to market, RSBS goes to Sciety, dan RSBS goes to school. Komunitas RSBS pula memperkenalkan beberapa langkah sederhana dalam penanganan sampah, diantaranya 3R dan 3M.

3M–> Recycle, Reuse, dan Reduce

3M–> Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal sederhana, dan Mulai dari SEKARANG.!

Semoga program kerja dan beberapa langkah sederhana yang diperkenalkan Komunitas RSBS ini dapat berdampak positif dan benar – benar menyadarkan kita akan bahaya sampah. DARI TASIK MENUJU INDONESIA RESIK! HIJAU NEGERIKU, LESTARI ALAMKU!

Sumber: Laman Facebook Rumah Sampah Berbasis Sekolah

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *