Lakukan Cara-Cara Di Bawah Ini Agar Tetap Sehat Di Tempat Kerja

Jika dihitung-hitung, sebagian besar waktu kita ternyata lebih banyak dihabiskan di tempat kerja. Beruntung bagi Anda yang pekerjaanya fleksibel dan tidak harus selalu berada di kantor, tetapi faktanya tidak sedikit yang harus selalu berada di kantor, di depan komputer sepanjang hari kerja. Hmm.. Pasti bosan!

Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga, dan sering mengonsumsi makanan cepat saji secara terus menerus juga menjadi penyebab meningkatnya risiko kesehatan dan kelebihan berat badan.

Jika kebiasaan itu tidak segera Anda ubah, tidak hanya badan yang tidak terjaga tetap produktivitas pekerjaan Anda juga tidak akan maksimal. Untuk itu, penting sekali menjaga kesehatan di tempat kerja agar tetap produktif dan dapat menyelesaikan pekerjaan di kantor dengan baik. Tidak susah kok melakukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan Anda. Lakukan beberapa cara ini agar Anda tetap sehat di tempat kerja, yang ditulis oleh Komunitas GueSehat:

1. Jaga Asupan Makanan dan Minuman

Pada pagi hari otak kita memerlukan glukosa sebagai tenaga untuk menyongsong metabolisme otak. Sarapan bisa menjadi satu cara agar Anda bisa tetap sehat di tempat kerja. Anda tentu akan lebih siap memulai hari karena konsentrasi yang baik dan keadaan tubuh yang segar. Pilihlah menu sarapan dan makan siang yang dapat memenuhi kebutuhan gizi dan energi Anda tiap harinya. Batasi konsumsi kafein seperti teh atau kopi maksimal 1 gelas per hari. Cukup minum air putih agar tetap berkonsentrasi penuh sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

2. Tetap Menjaga Kebersihan Diri dan Tempat Kerja

Hal lain yang bisa dilakukan untuk bisa tetap sehat di tempat kerja adalah dengan menjaga kebersihan dan kerapihan meja kantor. Anda bisa melakukan pembersihan keyboard minimal 1 minggu sekali. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau melakukan aktivitas lainnya. Sediakan juga pembersih tangan atau hand sanitizer sehingga bisa digunakan dengan mudah saat dibutuhkan.

3. Beri Waktu Tubuh untuk Melakukan Peregangan

Coba deh sesekali bangun dari kursi kerja Anda dan lakukan peregangan. Jangan takut disangka aneh oleh rekan kerja Anda. Justru Anda bisa menjadi contoh baik bagi rekan kerja untuk menjaga kesehatan di kantor. Lakukan peregangan dengan berdiri atau berjalan sebentar. Hal ini bisa membantu agar tubuh tetap segar meskipun bekerja di kantor seharian. Atur posisi yang nyaman ketika bekerja agar tidak pegal pada pergelangan tangan ataupun punggung. Posisikan juga keyboard, dan mouse Anda agar mudah di jangkau dan atur jarak monitor Anda agar tidak merusak mata.

4. Jangan Lupa untuk Bersosialisasi

Ini hal sederhana tapi sering diremehkan. Bersosialisasi di dalam lingkungan tempat kerja sangat penting untuk dilakukan, lho. Dengan bersosialisasi dengan rekan kerja Anda dapat menambah wawasan baru, bisa membangun koneksi dengan orang lain yang mungkin akan bermanfaat untuk masa depan dan bisa saling membantu jika terjadi kesulitan dalam hal pekerjaan maupun hal lainnya. Selain itu, meningkatkan tatap muka secara langsung juga sebaiknya mulai dibiasakan. Jika masih bisa dijangkau, coba untuk meminimalisirkan penggunaan chat atau cara komunikasi tidak langsung lainnya.

Dengan menerapkan keempat cara ini diharapkan Anda bisa lebih menjaga kesehatan di tempat kerja dan tetap produktif selama berada di kantor. Tidak rugi kok untuk mengubah kebiasaan yang baik. Tidak hanya Anda yang akan merasakan manfaatnya, tetapi orang-orang disekitar Anda juga bisa mendapatkan dampak positif dari apa yang sudah Anda lakukan.

Sumber: GueSehat

Foto dari Rockbottomgolf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *