Polyglot Indonesia Cabang Surabaya (PICS); Berikan Kemudahan Untuk Belajar Bahasa Asing

Bahasa, merupakan cara komunikasi yang telah digunakan oleh seluruh manusia. Berbagai macam bahasa tersebar diseluruh dunia.Ada beberapa orang yang sudah menguasai lebih dari satu bahasa. Ada juga yang sedang mempelajari bahasa lain.

Untuk terus mengasah bahasa tersebut, berdirilah suatu komunitas yang diberi nama Polyglot Indonesia. Komunitas ini sudah ada dibeberapa kota termasuk di Surabaya, yang diberi nama Polyglot Indonesia Cabang Surabaya (PICS).

PICS berdiri mulai tahun 2013. Selama tiga tahun, PICS telah memiliki hingga 91 anggota. Yang terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga pekerja.

Dalam komunitas ini terdapat beberapa bahasa yang digunakan, diantaranya Indonesia, Inggris, Spanyol, Jepang, Perancis, Jerman, serta lainnya.

Berdirinya komunitas ini agar memudahkan warga negara indonesia yang berada di luar negeri untuk tetap melatih bahasa mereka. Begitupun sebaliknya, serta warga negara indonesia yang ingin belajar bahasa asing.

“Disini kami ingin memudahkan warga indonesia maupun warga asing untuk mengasah kemampuan bahasa mereka, agar memudahkan komunikasi mereka,”ucap Firman, koordinator bahasa perancis, Sabtu (3/09/2016)..

Dalam sebulan diadakan pertemuan dua kali dalam seminggu. Dalam pertemuan tersebut, terdapat tema yang akan dibahas. Seperti hari ini, Sabtu (3/9/2016) mengangkat tema Exploring City Park, yang diadakan di Taman Prestasi, Jl Ketabang Kali 6 Surabaya.

Dalam pertemuan tersebut, membahas tentang taman yang sesuai dengan warga Surabaya. Tema tersebut akan dibahas dengan berbagai kelompok bahasa yang telah dibagi.

“Tiap pertemuan kita pasti menentukan tema apa yang akan dibahas, setelah menentukan tema, maka akan dibagi kelompok sesuai dengan bahasa yang dikuasai, setelah berdiskusi, maka akan dipresentasikan serta ditarik kesimpulan mengenai tema tersebut,”tambahnya.

Nasir, koordinator bahasa Arab menambahkan tiap bahasa memiliki koordinator bahasa, agar memudahkan untuk berkomunikasi. Saat menggunakan bahasa asing, akan ditransletkan ke bahasa Indonesia.

“Tiap bahasa memiliki koordinator, serta saat menggunakan bahasa asing, juga akan ditransletkan ke bahasa indonesia,”ucap mahasiswa UINSA.

Untuk bisa bergabung di PICS, bisa melalui media sosial, bisa juga mengakses website mereka http://polyglotindonesia.org. serta menguasai bahasa asing, minimal bahasa Inggris.

“Untuk bisa menjadi anggota PICS, tidak ada persyaratan, cukup menguasai minimal bahasa Inggris,”ungkapnya.

Sumber: Berita JATIM

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *