MightyText, Sinkronisasi SMS Antara Android dengan Komputer

Sobat IT, mungkin di zaman serba internet ini sobat sudah jarang menggunakan fitur yang bernama SMS. Fungsi SMS sekarang cenderung digantikan oleh aplikasi instant messaging seperti Whatsapp, Line, BBM, dan sebagainya. Namun, bagaimanapun juga SMS masih tetap diperlukan di saat-saat tertentu, misalnya untuk menghubungi orang-orang yang masih betah menggunakan ponsel jadul atau ketika kita kehabisan paket data internet.

Pertanyaannya, pernahkah sobat terpikir bagaimana caranya mengirim SMS dari komputer? Artinya, untuk mengirim SMS kita tidak perlu memegang ponsel alias cukup berhadapan dengan komputer atau laptop saja. Fitur ini mungkin sangat dibutuhkan untuk orang-orang yang bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama sehingga jarang memiliki waktu untuk mengecek ponselnya.

Adalah MightyText, aplikasi yang dirancang untuk menyinkronkan SMS dari ponsel Android ke komputer. Dengan aplikasi MightyText ini, sobat dapat dengan mudah mengirim dan membaca SMS dari komputer tanpa harus bersentuhan dengan ponsel.

Bagi para tunanetra, trik ini cukup aksesibel dengan screen reader, baik Talkback di Android maupun JAWS di komputer.

Sebetulnya trik mengirim SMS dengan komputer ini merupakan trik yang sudah cukup out of date (penulis sudah pernah mendengar trik ini ketika penulis masih duduk di kelas 3 SMA sekitar tahun 2012). Namun, penulis baru sempat mencoba trik ini sekarang.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk berkirim SMS dengan komputer adalah sebagai berikut.

  1. Komputer atau laptop yang terkoneksi internet.
  2. Ponsel dengan sistem operasi Android yang terkoneksi dengan internet.

Mungkin sobat bertanya-tanya, mengapa ponsel Android harus terkoneksi dengan internet untuk mengirim SMS dengan komputer? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, aplikasi MightyText bekerja dengan cara membuat sinkronisasi antara ponsel dengan komputer sehingga kita dapat berkirim SMS melalui komputer. Untuk keperluan sinkronisasi tersebut tentu saja dibutuhkan koneksi internet.

 

Selanjutnya, untuk mengirim SMS dari komputer, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Download aplikasi MightyText ke ponsel Android yang sobat gunakan. Aplikasi ini bisa didownload melalui Play Store, atau silahkan buka link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.texty.sms.
  2. Setelah aplikasi MightyText terinstall di ponsel Android sobat, buka aplikasi tersebut. Sobat akan diminta memilih akun Google yang sobat gunakan. Setelah itu klik Complete Setup.
  3. Setelah itu sobat akan diminta persetujuan akses dari Google, klik Allow Access.
  4. Kemudian, beralih ke komputer. Buka browser kesayangan sobat (disarankan menggunakan Mozilla Firefox atau Google Chrome). Download add-on yang dibutuhkan untuk menjalankan MightyText di komputer melalui link berikut: http://mightytext.net/install. DI halaman tersebut, pilih dan install add-on sesuai dengan browser yang sobat gunakan.
  5. Setelah sobat menginstall add-on MightyText, buka halaman https://mightytext.net/app. Halaman inilah yang akan sobat gunakan untuk mengirim dan menerima SMS.
  6. Ketika pertama kali membuka halaman https://mightytext.net/app, sobat akan diminta memasukkan akun Google. Masukkan email dan password akun Google yang sama dengan akun Google yang sobat gunakan di aplikasi MightyText di ponsle sobat tadi.
  7. Setelah memasukkan akun Google, halaman MightyText akan melakukan loading terhadap pesan-pesan terakhir beserta dengan kontak yang ada di ponsel sobat.

 

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, sobat sudah bisa mengirim dan menerima SMS di komputer sobat.

Tips dari IT Center For The Blind.

Ilustrasi dari mightytext.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *