Yayasan Satu Keadilan: Dorong Pencapaian Keadilan Masyarakat

Sebagai sebuah lembaga bantuan hukum yang bekerja memantau persoalan hukum dan Hak Asasi Manusia di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, LBHKBR banyak mendapat pengaduan dan masukan dari masyarakat, baik masyarakat korban maupun masyarakat yang berani menyampaikan aspirasinya tentang problem Hukum dan HAM yang terjadi di daerah.

Dalam beberapa pertemuan dengan masyarakat korban, akademisi, aktivis serta praktisi Hukum dan HAM tercetuslah ide untuk membentuk sebuah Yayasan yang berfungsi menaungi bantuan hukum dan berbagai inisiatif untuk pemajuan dan pemenuhan hak asasi manusia di wilayah Jawa Barat. Disepakatilah pembentukan sebuah Yayasan yang berusaha bekerja untuk memperjuangkan tercapainya rasa keadilan masyarakat.

Yayasan SATU KEADILAN dibentuk untuk memberi perhatian terhadap praktik kekerasan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia lainnya. Lebih jauh, Yayasan SATU KEADILAN juga berjuang untuk ditegakkannya demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Sebuah perjuangan yang ditujukan untuk menumbuhkan demokrasi dan keadilan yang berbasis pada keutuhan kedaulatan rakyat yang bebas dari ketakutan dan penindasan, persamaan di depan hukum, berbagai bentuk kekerasan, pelanggaran Hak Asasi Manusia dan Diskriminasi, termasuk yang berbasis gender.

Seluruh potensi dan energi yang dimiliki Yayasan SATU KEADILAN diarahkan guna mendorong berkembangnya ciri-ciri sebuah sistem dan kehidupan bernegara yang bersifat sipil serta jauhnya dari politik kekerasan serta mendorong pencapaian keadilan masyarakat melalui pendekatan hukum yang berkeadilan dan pemenuhan hak-hak ekonomi, sosial dan budaya masyarakat.

Secara khusus Yayasan SATU KEADILAN bekerja melakukan pembelaan terhadap masyarakat atas perilaku kekerasan yang dipraktekkan negara, menentang kebijakan yang berpotensi melahirkan berbagai bentuk kekerasan dan diskriminasi termasuk pengabaian hak-hak sipil warga negara, dan menggalang pembentukan sikap dan opini bagi masyarakat yang lebih luas tentang tata kelola pemerintahan yang menjunjung tinggi hukum dan nilai-nilai hak asasi manusia. Harapan agar kerja tersebut dapat berjalan efektif dan berhasil hanya dapat menjadi kenyataan jika terdapat dukungan yang lebih luas dari masyarakat. Dukungan utama diharapkan terwujud melalui sektor masyarakat pada lapisan korban kekerasan diskriminasi hukum dan kelompok masyarakat sipil;

Untuk mencapai maksud dan tujuannya, Yayasan Satu Keadilan mengembangkan program-program utamanya sebagai berikut:

Melakukan studi, pemantauan, kritis dan sosialisasi guna reformasi hukum dan pemajuan kebijakan publik yang berkeadilan sosial;

Menyelenggarakan pendidikan atau pelatihan baik formal maupun informal dalam rangka keadilan sosial dan keadilan hukum;

Menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat;

Memberikan bantuan hukum atau advokasi pada umumnya, baik litigasi dan non litigasi, dalam rangka perlindungan dan pemenuhan hak- hak warga Negara berdasarkan prinsip atau norma hukum, demokrasi, hak asasi manusia dan tata kelola penyelenggaraan negara yang baik;

Menyelenggarakan penerbitan atau percetakan, dan lembaga penyiaran dalam rangka mendukung kegiatan atau program perlindungan dan pemajuan keadilan hukum dàn keadilan sosial;

Melaksanakan program-program partisipatif masyarakat dalam kerjasama kemitraan strategis dengan segenap unsur dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat demi peningkatan kesejahteraan sosial.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *