Hindari 6 Makanan Penyebab Bau Badan Ini!

Pernah mendengar penggalan lagu ‘Project Pop’ tersebut? Atau jangan-jangan tanpa sadar Anda sendiri yang memiliki bau badan? Jangan sampai deh ya kalau sampai punya bau badan. Tak hanya mengganggu orang disekitar Anda, lama kelamaan Anda juga tentu akan dijauhi oleh banyak orang karena bau badan Anda.

Sebagian besar mungkin akan berpikir penyebab bau badan karena banyaknya keringat yang keluar dari tubuh. Tapi nyatanya belum tentu orang yang punya banyak keringat memiliki bau badan, lho. Salah satu penyebab bau badan adalah berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jadi, jika tidak ingin memiliki bau badan sebaiknya hindari makanan yang dapat memicu munculnya bau badan. Apa saja makanan tersebut? Berikut beberapa makanan penyebab bau badan yang sebaiknya Anda hindari, menurut Komunitas GueSehat;

Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang merah dan bawang putih ternyata bisa menjadi salah satu penyebab bau badan seseorang. Padahal, hampir semua masakan menyertakan bawang putih dan bawang merah sebagai bumbu masaknya. Kedua jenis bawang ini dapat menimbulkan bau badan tidak sedap karena dalam bawang mengandung senyawa bau (zat volatile sulfurous) yang akan dipecah saat masuk ke dalam sistem pencernaan seseorang. Senyawa bau akan dikeluarkan melalui keringat, urine, dan nafas. Nah, jadi sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan bawang pada masakan Anda agar tidak menimbulkan bau pada badan Anda.

Sayuran Brokoli

Anda penyuka sayuran brokoli? Sebaiknya jangan terlalu banyak makan sayuran ini karena ternyata brokoli juga dapat menjadi makanan penyebab bau badan Anda. Hal ini dikarenakan brokoli dan sayuran yang termasuk dalam family cruciferous mengandung senyawa sulfur yang apabila masuk ke dalam pencernaan akan diproses sama seperti bawang putih dan bawang merah. Kandungan pada brokolo akan dipecah menjadi senyawa bau yang pada akhirnya dikeluarkan melalui nafas, urine dan keringat juga. Dampaknya akan terasa setelah Anda melakukan aktiviasa berat sehingga banyak mengeluarkan keringat. Biasanya, jika terlalu banyak makan brokoli, keringat yang Anda keluarkan tersebut akan membau tidak sedap, terlebih ketika menumpuk di bagian tertentu pada tubuh seperti pada ketiak.

Daging merah

Perlu Anda ketahui daging merah termasuk makanan yang sulit dicerna oleh usus kita. Butuh waktu lama bagi tubuh untuk mencerna makan daging tersebut. Akibatnya, ada zat yang masih tersisa dalam usus berupa racun. Zat inilah yang menyebabkan keluarnya bau keringat kurang sedap pada tubuh. Jadi, bagi Anda penggemar daging merah sebaiknya mengurangi konsumsi makanan penyebab bau badan ini, ya!

Alkohol

Sebagian besar alkohol akan diproses atau di metabolisme oleh organ hati. Namun sekitar 10 persen akan diekskresikan melalui keringat, nafas dan urin. Alkohol dapat membuat Anda berkeringat lebih banyak. Minuman yang berkafein juga bisa menjadi penyebab bau badan pada seseorang.

Makanan olahan dan junk food

Gula yang memang ada di dalam kandungan makanan olahan serta junk food pastinya dapat membuat badan Anda menjadi berbau tidak sedap. Bukan itu saja, makanan seperti ini juga termasuk ke dalam jenis makanan yang tidak baik untuk tubuh, karena memiliki kandungan lemak jenuh dalam jumlah yang cukup banyak. Wah, sudah tidak sehat, bisa membuat bau badan lagi! Harus dihindari, nih.

Makanan yang Mengandung Kari

Makanan satu ini memang memiliki tekstur kuah kental dan rasa pedas yang menggoda selera. Sayangnya aroma kari yang Anda konsumsi tidak akan hilang meski sudah gosok gigi. Tidak hanya itu aroma kari yang kuat akan bertahan sampai ber jam-jam karena menguap melalui pori-pori kulit saat Anda berkeringat.

Meskipun keenam makana di atas merupakan makanan penyebab bau badan, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya. Masih ada kandungan lain pada makanan di atas yang baik untuk tubuh. Jadi bukan tidak boleh dikonsumsi tetapi jangan sampai makan dalam jumlah berlebihan.

Selain itu masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bau badan di antaranya, minum air putih yang banyak dan buah-buahan yang rendah kolin seperti apel, stroberi, jeruk, anggur, tomat, nanas, pisang dan semangka. Dengan mengubah pola makan Anda, tidak perlu lagi khawatir dengan bau badan yang selama ini menggangu kepercayaan diri Anda.

Perhatikan pula kebersihan dan kesehatan diri Anda untuk membantu menghilangkan bau badan secara alami seperti rajin mandi, mencukur bulu ketiak, dan yang terpenting tetap gunakan deodoran.

Sumber: GueSehat

Foto dari Sri Marliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *