Yuk Kenali Posisi Tidur Yang Nyaman Saat Datang Bulan

Perubahan hormonal yang terjadi ketika sedang menstruasi dapat berpengaruh pada aspek psikologis seorang wanita. Meski tidak semua menunjukkan perubahan tersebut, sangat wajar saat wanita akan memasuki masa menstruasi atau PMS menjadi mudah berubah emosi. Selain itu tak jarang ketika sudah memasuki masa menstruasi, wanita merasa tidak nyaman dalam beraktivitas, bahkan ketika sedang tidur.

Anda mungkin juga pernah mengalami ketidaknyaman tidur ketika sedang menstruasi. Hal ini mungkin bisa disebabkan karena takut ‘bocor’ atau keadaan perut yang terasa sakit dan nyeri. Lalu, apakah ada cara untuk mengatasi ketidaknyamanan tidur ketika sedang datang bulan? Tips berikut mungkin bisa Anda coba untuk menentukan posisi tidur yang nyaman saat menstruasi, ditulis oleh Komunitas GueSehat;

Tidur Miring Saat Datang Bulan

Tidur dengan posisi miring bagi sebagian wanita dirasa cukup efektif untuk menghilangkan keram pada perut. Posisi ini dianggap cukup membuat wanita merasa lebih rileks sehingga bisa tidur dengan nyaman.

Tidur dengan Posisi Terlentang dan Kaki Agak Diangkat

Nah, ada juga wanita yang berpendapat bahwa tidur dengan posisi terlentang lalu kaki agak diangkat dapat menghilangkan rasa nyeri yang dirasa. Selain itu, posisi tersebut dianggap dapat menghilangkan rasa pegal pada kaki dan mendapatkan posisi tidur yang nyaman ketika sedang datang bulan .

Tidur dengan Bagian Pinggang Diganjal Bantal

Tidur dengan posisi telentang lalu pinggang diganjal dengan bantal agar posisi pinggang lebih tinggi, cukup membuat wanita merasa relaks. Posisi pinggang yang lebih tinggi bisa membuat rasa keram yang berlebih hilang dan nyaman untuk tidur.

Menstruasi sendiri merupakan siklus perubahan fisik yang terjadi pada wanita. Biasanya menstruasi terjadi secara berkala setiap bulan. Datang bulan yang sehat datang setiap bulan secara teratur. Berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi ketika menstruasi, saat PMS wanita dapat mengalami beberapa gejala seperti payudara mengencang, kaki atau tangan terasa pegal setiap hari, dan nafs makan yang meningkat atau sebaliknya.

Selain gejala yang muncul sebelum menstruasi, kebanyakan wanita juga mengeluhkan rasa sakit saat menstruasi seperti perut keram, mengalami rasa mulas yang tidak seperti biasannya, kepala pusing, dan lemas. Hal tersebut disebabkan oleh hormon reproduksi, yaitu FSH-Esterogen atau LH-Progesteron.

Hal tersebut tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman ketika beraktivitas. Untuk itu, jangan sampai rasa tidak nyaman tersebut juga mengganggu waktu istirahat Anda ketika sedang menstruasi. Beberapa posisi tidur yang nyaman saat datang bulan di atas bisa Anda lakukan untuk mengatasinya!

Sumber: GueSehat

Foto dari THE OZ BLOG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *