Relawan4Life: Belajar dan Berbagi Untuk Kawasan Hutan

Relawan for Life adalah program relawan yang dikelola RMI-the Indonesian Institute for Forest and Environment untuk menghubungkan antara kebutuhan masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan atau area hulu daerah aliran sungai dengan keahlian dan sumberdaya yang ada di wilayah lainnya, termasuk di wilayah urban.

Sejak pertama kali berdiri pada tahun 1992, kerja-kerja RMI untuk mendorong pembangunan berkelanjutan pada masyarakat yang tinggal di sekitar hutan telah didukung oleh ratusan relawan sehingga mereka sangat menjunjung nilai-nilai kerelawanan, baik berupa material maupun non-material (keahlian)

Relawan4Life membutuhkan para relawan yang memiliki motivasi tinggi untuk belajar bersama masyarakat untuk mendukung berbagai penguatan kapasitas di wilayah-wilayah yang membutuhkan, khususnya di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Lebak. Berikut adalah beberapa program yang kami tawarkan untuk Anda untuk belajar bersama dengan masyarakat:

  1. Tenaga pengajar di Pendidikan Anak Usia Dini
  2. Riset pemantauan kualitas air sungai, khususnya Sungai Cisadane
  3. Tenaga pengajar untuk peningkatan kapasitas anak muda (Bahasa Inggris dan Komputer)
  4. Pendampingan teknis usaha masyarakat
  5. Berbagai tenaga kepanitiaanย misalnya: notulensi, fasilitator
  6. Fasilitator pendidikan lingkungan hidup

Mereka akan memberikan pelatihan khusus pada post-post relawan yang memerlukan pelatihan.

Bila Anda memiliki kebutuhan untuk melakukan riset, mereka juga akan sediakan beasiswa yang dapat Anda akses menurut hasil seleksi RMI. Beberapa tema riset yang kami butuhkan dan kami berikan beasiswa adalah:

  1. Lahan HGU dan penghidupan masyarakat di Desa Nanggung-Curug Bitung-Cisarua, Bogor;
  2. Land tenure dan UU Desa di Kasepuhan Karang, Lebak;
  3. DAS Cisadane Hulu Berbasis Masyarakat;
  4. Membangun Konsep gender dalam isu hutan
  5. Riset mengenai dampak perubahan agraria terhadap kaum muda
  6. Riset tentang usaha masyarakat (business development)

Selain keahlian, mereka juga membuka kesempatan bagi Anda untuk berdonasi bagi Education Trust Fund, atau pundi pendidikan yang kami kelola secara transparan untuk mendukung berbagai kegiatan pendidikan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran kritis mereka. Mulai dari anak-anak hingga kelompok dewasa.

Sumber: Laman Relawan4Life

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *