Infest Yogyakarta: Dunia Pendidikan Tanggung Jawab Pemerintah dan Masyarakat

Infest adalah kependekan dari Institute of Education Development, Social, Religious and Cultural Studies atau Lembaga Kajian Pengembangan Pendidikan, Sosial, Agama, dan Kebudayaan. Infest merupakan lembaga nirlaba yang bekerja secara swadaya untuk meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia.

Salah satu pilar penting pembangunan Indonesia adalah pendidikan dan lembaga pendidikan (sekolah) adalah salah satu instrumen penting pendidikan. Infest menyadari bahwa tugas untuk mengembangkan dunia pendidikan adalah tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat.

Sebagai bagian dari masyarakat, Infest terpanggil untuk ikut terlibat aktif dalam upaya untuk mengembangkan dunia pendidikan. Tujuan utama dari bantuan penguatan kapasitas lembaga pendidikan adalah memperkuat kapasitas dan kualitas hasil lulusan dari lembaga pendidikan.
Infest tidak memberikan bantuan pendanaan kepada lembaga-lembaga pendidikan, melainkan bantuan untuk memperkuat kapasitas pengelola lembaga pendidikan. Penguatan kapasitas tersebut mencakup dua hal yakni: (1), penguatan kapasitas pengelolaan lembaga pendidikan (manajemen lembaga pendidikan), dan (2), penguatan kapasitas pengajaran bagi para guru di lembaga-lembaga pendidikan.

Salah satu kunci keberhasilan dalam pendidikan adalah manajemen pendekatan dan media pembelajaran. Optimalisasi penggunaan komputer adalah salah bentuk dari pengembangan media pembelajaran.

Kebanyakan lembaga pendidikan hanya mengajarkan fungsi komputer sebagai alat tulis. Padahal komputer memiliki fungsi lain yang belum dioptimalkan untuk mendukung pengajaran berbagai mata pelajaran. Selain itu komputer sudah buikan merupakan barang yang asing saat ini di beberapa lokasi. Arena itu infest menganjurkan optimalisasi penggunaan kopmputer sebagai salah satu pilihan media pembelajaran. Dan infest menganjurkan penggunaan FOSS.

Infest menganjurkan penggunaan FOSS pada lembaga pendidikan karena beberapa alasan, yakni: (1) FOSS bersifat bebas dan tida berbayar sehingga dapat membantu penghematan pembiayaan pengelola pendidikan, (2) FOSS banyak menyediakan pilihan piranti lunak (software) yang dapat membantu proses pembelajaran seperti Stelarium dan K-Stars untuk astronomi (fisika); Magnesium dan Calcium untuk pelajaran kimia; K-geographic untuk pembelajaran geografi; dan berbagai piranti lunak lainnya yang mendukung berbagai mata pelajaran spesifik. Beberapa jenis FOSS bahkan mengembangkan piranti lunak yang sangat mendukung proses pendidikan, Edubuntu misalnya, (3) Beberapa jenis FOSS dapat dijalankan dalam perangkat komputer yang memiliki spesifikasi alat yang rendah sehingga dapat digunakan oleh lembaga pendidikan yang memiliki pendanaan terbatas, (4) penggunaan FOSS menghilangkan ketergantungan lembaga sekolah pada piranti lunak berbayar (5) penggunaan FOSS menghindarkan lembaga pendidikan dari tindak pembajakan yang merupakan salah satu bentuk pelanggaran hukum Indonesia.

Infest memberikan dua bentuk layanan dalam kaitan dengan optimalisasi penggunaan teknologi komputer sebagai media pembelajaran, yaitu: (1) layanan bantuan migrasi ke salah satu jenis FOSS berdasarkan kekuatan dan spesifikasi komputer yang dimiliki oleh lembaga pendidikan, (2) layanan pelatihan kepada guru-guru dalam penggunaan FOSS sebagai media pembelajaran.

Infest meyakini bahwa salah satu kunci penting dari perkembangan masyarakat adalah ketersediaan informasi dan pengetahuan. Untuk itu infest mencoba menginisiasi pelajar dan pemuda untuk terlibat dalam pengayaan informasi dan pengetahuan tersebut melalui semangat saling berbagi pengetahuan dan informasi. Infest mengajak peran aktif pemuda dan pelajar untuk menjadi narasumber terbuka bagi masyarakatnya sendiri.

Namun, untuk mewujudkan tradisi tersebut dibutuhkan sejumlah kemampuan penting yang harus dimiliki oleh narasumber informasi dan pengetahuan, salah satunya adalah kemampuan kepenulisan. Untuk mendukung terciptanya tradisi berbagi pengetahuan dan informasi tersebut infest memberikan layanan bantuan kepada komunitas pemuda dan pelajar untuk meningkatkan kapasitas kepenulisan. Layanan ini diberikan secara swadaya oleh infest.

Disalin dari laman Infest Yogya

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *