Pentingnya Konseling Remaja

Remaja adalah masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 10 tahun sampai 24 tahun. pada masa remaja terjadi proses perkembangan meliputi perubahan-perubahan yang berhubungan dengan perkembangan psikis (mulai taksir menaksir), fisik (perubahan-perubahan dalam tubuhnya : mens, mimpi basah, payudara membesar, tumbuh jakun), dan terjadi perubahan sosial pada dirinya.

Konseling Remaja

Seiring dengan bertambahnya usia pada remaja,mereka biasanya akan mencaritahu apa yang ingin mereka ketahui dan melakukan apa yang sedang diinginkan. Dalam perkembangan remaja, mereka butuh pengetahuan, bekal wawasan, dan layanan konseling yang bisa memberikan pengetahuan kaitannya dengan kesehatan reproduksi supaya remaja bisa bertanggung jawab dengan perilakunya .

Preventif –> Remaja mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang tepat berkaitan dengan kespro. Remaja bisa memanfaatkan layanan medis kespro termasuk untuk konseling segala yang berhubungan dengan problematika remaja, klinik konseling bisa menjadi teman / sahabat yang baik untuk remaja. Konseling ramah remaja PKBI bisa menjadi satu solusi bagi remaja yang membutuhkan konseling, jalan keluar dari problem remaja atau problem kespro, dengan memperhatikan aspek komunikasi dan privasi.

Konseling PKBI bisa diakses :

  • Tatap muka di Klinik Remaja Lentera Sahaja | Jl. Taman Siswa Gang Basuki MG II/ 558. Surokarsan 51551. Telp: +62 (274) – 419709

Dengan berbagi, sharing, konsultasi, problem remaja akan mudah terselesaikan (menemukan jalan keluar). Remaja tidak perlu khawatir karena konseling ini menggunakan model layanan kesehatan berbasis hak pasien “Konsep patient-centered care (pasien berdaya)”, pasien remaja sebagai subyek, bukan obyek.

Konseling Remaja di PKBI memberikan kedudukan/posisi yang sama antara klien dan konselor, bukan menggurui tetapi sama-sama mencari pemecahan masalahnya.

Sumber:Laman PKBI DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *