Komunitas YEPE; Aktif Mendaki dan Menjelajah Alam

Komunitas tim pendaki gunung dan penjelajah alam (YEPE) berdisi sejak 1 November 1969 dengan sekretariat yang berada di Jl. Metro No. 15 Bunulrejo, Malang (Belakang SMP 20 Malang). Sesuai dengan nama komunitasnya, basis dari kegiatan Komunitas Yepe ini beraktifitas di alam bebas seperti gunung, tebing, laut, dan goa, serta dalam pembuatan buku berbasis petualangan.

Jumlah anggota dari komunitas Yepe sudah mencapai 285 anggota tetap, 5 anggota kehormatan, dan puluhan anggota muda serta partisipan. Untuk bergabung dengan komunitas Yepe, Yepe selalu membuka pendaftaran setiap tahunnya dan mengadakan latihan dasar atau yang disebut dengan Basic Training (Batra). Syarat dari Batra tersebut adalah sebagai gerbang masuk menjadi anggota Yepe, dengan cara mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi admistrasi yang sudah ditetapkan, seperti fotocopy kartu identitas, surat kesehatan, surat pernyataan, dan lain-lain. Syarat lain menjadi anggota komunitas Yepe adalah calon peserta harus sehat jasmani dan rohani, karena kegiatan yang akan dilakukan menuntut aktifitas fisik yang cukup tinggi di alam terbuka dan belum mempunyai kualifikasi membina orang berkebutuhan khusus. Calon anggota diharuskan mengikuti rangkaian materi kelas dan juga materi praktek di barak yang biasanya dilakukan di lembah Kembar, pegununungan Arjuno selama maksimal 10 hari masa pendidikan lapangan.

Komunitas Yepe mempunyai kegiatan rutin yaitu pendakian gunung, panjat tebing, selam, pelatihan manajemen kegiatan alam terbuka, dan lebih kepada pendakian gunung.

Informasi tantang Komunitas Tim Pendaki Gunung dan Pejelajah Alam (Yepe), bisa didapatkan di
Seketeriat     : Jl. Metro No. 15 Bunulrejo, Malang (Belakang SMP 20 Malang)
Twitter         : @YEPE_malang

Sumber: Halo Malang

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *