5 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi

Berat badan bayi adalah salah satu tolak ukur bertumbuhnya bayi dengan optimal. Oleh karena itu, penting sekali bagi para orang tua untuk memperhatikan perkembangan berat badan Si Kecil per bulannya. Akan tetapi, bagi banyak orang tua, menaikkan berat badan Si Kecil ini bukanlah perkara mudah. Puteri Arinda dari Komunitas GueSehat berbagi tips untuk menaikkan berat badan bayi berdasarkan pengalamannya di bawah ini;

Saya masih ingat, ketika 2 bulan lalu, anak saya hanya naik 100 gram dalam satu bulan. Padahal seharusnya, untuk bayi seumuran anak saya, minimal terjadi kenaikan berat badan sebanyak 300-400 gram per bulannya. Saya kaget sekali dan panik. Apalagi mengingat berat badan ini berkorelasi langsung dengan pertumbuhan otak. Sebagai orang tua, saya takut sekali jika pertumbuhan otak anak saya tidak bisa optimal karena berat badannya yang hanya naik sedikit.

Nah, dari pengalaman yang tidak menyenangkan itulah saya langsung mencari tahu bagaimana cara menaikkan berat badan bayi dan menemukkan 5 cara ini!

  • Berikan ASI sesering mungkin

ASI memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Sehingga untuk menaikkan berat badan bayi, sangat dianjurkan untuk diberikan ASI sesering mungkin. Hal ini jugalah yang membuat bayi dianjurkan untuk baru memulai makan makanan padat pada usia 6 bulan. Selain agar sistem pencernaannya lebih siap, tapi juga biasanya ASI memiliki kalori yang lebih tinggi dibandingkan makanan padat.

Tapi ibu juga harus ingat ya untuk selalu memberikan asupan ASI yang berkualitas kepada si bayi. Jadi bukan hanya sekedar ASI. ASI berkualitas bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi makanan dengan gizi yang sehat dan seimbang sehingga air susu yang dihasilkan pun penuh dengan gizi dan nutrisi.

  • Pilih daging merah yang kaya protein

Protein sangatlah penting untuk meningkatkan berat badan bayi. Protein bisa didapatkan dari berbagai macam sumber. Akan tetapi yang paling baik adalah protein yang berasal dari daging merah. Dari pembicaraan saya dengan teman-teman saya yang lain, jika ingin menambah berat badan maka lebih baik untuk membeli daging jenis rib eye. Di potongan rib eye ini  biasanya memiliki komposisi lemak yang lebih tinggi dibandingkan potongan lainnya.

Selain daging sapi, jika Anda non muslim, Anda juga bisa memberikan daging babi kepada Si Kecil. Daging babi rupanya juga memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga bisa membantu menaikkan berat badan Si Kecil.

  • Berikan makanan selingan tinggi kalori

Makanan selingan sangatlah penting diberikan kepada bayi di sela-sela jam makan besarnya. Nah, jika Anda ingin menambah berat badan Si Kecil, pilihan makanan selingan yang tinggi kalori seperti alpukat, mangga, dan pisang. Alpukat penuh dengan lemak baik yang tidak hanya bisa menaikkan berat badan tapi juga baik untuk perkembangan otaknya. Mangga dan pisang juga memiliki kalori yang tinggi sehingga dijamin bisa membuat kenaikkan berat badan terasa lebih signifikan. Saya sekarang ini selalu memberikan buah tinggi kalori dicampur dengan oatmeal yang kaya serat agarpencernaannya lancar.

  • Campurkan tambahan lemak ke dalam makanannya

Mungkin hal ini terdengar tidak lazim, tapi salah satu cara tercepat untuk menaikkan berat badan Si Kecil adalah dengan menambahkan tambahan lemak ke dalam makananya. Ada berbagai jenis lemak yang bisa dicampurkan seperti extra virgin olive oil, unsalted butter, dan santan. Berbagai lemak tambahan ini bisa dicampurkan sesaat sebelum makanan diberikan ke Si Kecil. Oh ya, untuk santan usahakan untuk membuatnya sendiri dan bukan membeli santan instant yang tersedia di supermarket.

  • Pastikan Si Bayi cukup tidur

Hal terakhir adalah memastikan bahwa bayi memiliki jam tidur yang cukup setiap harinya. Jam tidur yang cukup akan membuat Si Bayi memiliki waktu untuk beristirahat dan juga stamina yang terjaga. Bayi yang terlalu aktif dan memiliki kurang waktu untuk tidur akan membuatnya mengalami penurunan berat badan. Untuk bayi saya yang sekarang berusia 9 bulan, jadwal tidur siangnya adalah 3 kali dalam sehari. Setiap tidur siang memiliki durasi antara 1-1,5 jam. Setiap anak memiliki kebutuhan tidur siang berbeda-beda, oleh karena itu lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak langganan untuk mengetahui jumlah jam tidur anak yang sesuai.

Nah, 5 cara menaikkan berat badan bayi  inilah yang selama ini saya lakukan untuk menaikkan berat badan anak saya. Beruntungnya, setelah sebulan menerapkan cara ini, anak saya bisa naik 300gram dalam satu bulan.

Sumber: GueSehat

Foto dari Menu Diet dan Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *