Rekomendasi Makanan Kalau Kamu Sering Kram saat Menstruasi

Kamu pernah telat menstruasi? Atau siklus menstruasi kamu enggak tentu? Atau kamu merasa badanmu sakit banget waktu menstruasi?

Jangan khawatir. Sebenarnya, banyak kok makanan yang bisa kamu konsumsi (atau hindari) untuk mencegah sakit akibat menstruasi. Untuk itu kami berikan rekomendasi Makanan Kalau Kamu Sering Kram saat Menstruasi antara lain :

 

1. Kacang-Kacangan

Makan kacang-kacangan berserat tinggi untuk mengurangi gejala kram. Kacang-kacangan merupakan sumber vitamin B yang baik.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung kalsium, magnesium dan kalium yang tinggi. Kalsium dan magnesium yang cukup akan mengurangi rasa sakit yang dirasakan saat menstruasi.

3. Nanas

Iya, nanas! Konsumsi sumber mangan, salah satunya adalah buah nanas. Asupan mangan yang cukup akan mengendurkan otot dan mencegah kram saat kamu menstruasi.

Dalam satu cangkir nanas siap makan (165 gram), terdapat mangan sebanyak 76,5% dari kebutuhan zat mangan untuk sehari. Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain yang tinggi. Enzim ini berguna untuk melonggarkan otot sehingga dapat mencegah kram menstruasi yang parah.

Percaya deh, kalau kamu sering kram dan sakit saat menstruasi, makan nanas akan membantu kamu banget.

4. BONUS: Yang JANGAN Kamu Makan

Kram menstruasi disebabkan oleh zat kimia bernama prostaglandin yang fungsinya mirip hormon. Nah, zat ini dipicu oleh adanya asam arakidonat, yang terkandung di makanan seperti daging merah, susu, dan segala makanan olahan susu; seperti keju, yoghurt, dan mentega. Jadi, ada baiknya kamu membatasi konsumsi makanan-makanan ini kalau kamu kram akibat menstruasi.

 

Sumber: Semua yang Mau Kamu Tahu Tapi Tabu, Seperlima, 2014

Dikutip dari Sobat ASK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *