2 Tewas saat Kegiatan Pecinta Alam, UII Hentikan Kegiatan Eksternal Mahasiswa

Kampus Rektorat Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengonfirmasi kegiatan The Great Camping (GC), yang digelar Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UII di Gunung Lawu Lereng Selatan, Tawangmangu, Jawa Tengah, 13-20 Januari sudah sesuai dengan ketentuan dari pihak kampus.

“(Kampus) tidak mengeluarkan izin jika tidak ada izin dari luar,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UII, Abdul Jalil di Lantai 4 Gedung Rektorat UII Jalan Kaliurang, Yogyakarta, Senin (23/1/2017).

Dikatakannya, sejak adanya dua mahasiswa yang meninggal dunia, pihak kampus menghentikan sementara kegiatan kemahasiswaan yang bersifat eksternal, hal ini dilakukan selama proses investigasi kematian dua orang mahasiswa UII Yogyakarta, Muhammad Fadhli dan Syait Asyam.

“Investigasi tidak hanya mencari (akar) permasalahan, namun juga evaluasi. Kegiatan (kemahasiswaan) boleh kembali dilakukan setelah ada evaluasi,” bebernya.

Pihaknya memastikan, setiap kegiatan kemahasiswaan tidak diperkenankan ada unsur kekerasan. Pun demikian jika memang ditemukan unsur pelanggaran pihaknya akan memberikan sanksi tegas. Abdul mengklaim pernah memberikan beberapa sanksi kepada mahasiswa sebelumnya.

“Sanksi terberat dikeluarkan secara tidak hormat,” tandasnya.

Alumnus Mapala UII, Achiel Suyanto menambahkan, dalam kegiatan GC tidak boleh ada kekerasan anggota. Bahkan, selama 36 tahun kegiatan GC tindak pernah ada kekerasan. “Kita tidak tahu kenapa kegiatan ke-37 tahun ini ada korban. Mekanisme kekerasan tidak berlaku dalam organisasi,” katanya.

Dalam kesempatan ini ia menyebut giatan Mapala UII yang sudah-sudah, seperti GC, Seniority Camping, hingga Trainer for Trainer. Tidak ada unsur kekerasan didalamnya. “Biasanya (sanksi) hanya lari keliling,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Muhammad Fadhli mahasiswa Teknik Elektro UII, asal Batam, tewas dalam perjalanan menuju RSUD Karanganyar, Jumat 20 Januari. Sementara, Asyam tewas setelah berada di RS Bathesda Yogyakarta, Sabtu 21 Januari.

Sumber: Okezone

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *