Komunitas Lovebirds Indonesia; Wadah Berbagi Tips Perawatan Hingga Perkembangbiakan Burung

Berbagai aneka ragam jenis burung memang memiliki tampilan yang memikat, tak terkecuali dengan jenis burung lovebirds. Burung yang terkenal dengan sifatnya yang setia terhadap pasangannya ini memiliki tampilan mirip nuri yang menggemaskan.

Bulunya yang indah dan lengkingan suaranya yang nyaring, membuat para pecinta burung ini menghimpun diri mereka dalam sebuah komunitas pecinta lovebird. Media sosial facebook menjadi awal mula sesama anggota komunitas ini bertemu. Tak disangka, peminat dari akun facebok bernama Komunitas Lovebird Indonesia ini pun kian membludak, sampai-sampai di setiap regional banyak yang mendirikan sendiri wadah untuk pecinta burung lovebird ini. Dan salah satunya adalah Komunitas Lovebirds Indonesia untuk koordinator wilayah Solo.

Dari awal berdiri, komunitas yang berdiri pada November tahun 2011 silam ini hanya beranggotakan 20 orang. Namun seiring berjalannya waktu, total member yang ada sekarang berkisar 211 orang. Menurut Bayu Herlambang, selaku Wakil Ketua Korwil Solo Raya, landasan utama komunitasnya ini didirikan ditujukan untuk ajang silahturahmi dan bertukar pikiran mengenai pemeliharaan burung lovebird.

“Selain itu diharapkan juga komunitas ini bisa menjadi wadah untuk sharing seputar penyakit atau juga sharing mengenai tips untuk mengembangbiakan ternak burung lovebird “,  jelas pria kelahiran Malang 12 Januari 1983.

Syarat bergabung. Bayu Herlambang menambahkan kalau komunitas yang biasanya melakukan kopdar wajib setiap Minggu pagi ini selalu menekan rasa kebersamaan yang harus dimiliki sebagai syarat bagi siapa saja yang ingin bergabung. Selain itu calon anggota pun juga wajib memenuhi tiga kriteria, yakni harus serius, rutin datang ke kopi darat (kopdar) yang setiap dua bulan sekali digelar, dan menyerahkan fotokopi KTP.

“Terkait fotokopi KTP, ditujukan untuk mendata member dan mengawasi apakah member dalam pecinta lovebirds untuk korwil Solo, terlibat atau tidak dalam penipuan jual beli burung yang sekarang marak terjadi di bursa penjualan burung via online,” ungkapnya.

Untuk even perlombaan sendiri, komunitas ini sudah berulangkali menyabet sejumlah penghargaan. Misalnya saja, baru-baru ini beberapa anggotanya berhasil mendapatkan juara 5 hingga 10 untuk kategori lomba suara dalam even perlombaan Lovebirds Komunitas Indonesia Cup.

Ditanya soal apa harapan dari Komunitas Pecinta Lovebirds ini kedepan, Bayu Herlambang menginginkan kedepannya lovebird masih bisa tetap eksis sampai kapan pun. “Mudah-mudahan juga lovebird bisa lebih dikenal ke masyarakat,” ungkapnya mengakhiri wawancara singkat ini.

Sumber: JITUNEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *