VISTRAD UI; Lestarikan dan Perkenalkan Seni Tari Indonesia di Kancah Internasional

Vision Traditional (VISTRAD) Program Vokasi Universitas Indonesia merupakan sebuah Komunitas mahasiswa dimana mahasiswa dapat menyalurkan bakat seni tari, khususnya tari tradisional. VISTRAD Vokasi UI telah aktif mengikuti berbagai festival budaya dan lomba tari tradisional, serta menjadi pengisi dalam berbagai acara yang berada di lingkup UI maupun luar UI sejak tahun 2010.

Komunitas tari tradisional yang berada dalam naungan Badan Eksekutif Mahasiswa Program Pendidikan Vokasi UI ini, memiliki visi dan misi, diantaranya;

  • Mengharumkan nama VOKASI UI atas prestasi kesenian yang diterima.
  • Menyalurkan bakat mahasiswa yang ingin belajar, terutama terhadap seni tari tradisional.
  • Melestarikan dan memperkenalkan budaya Indonesia dibidang seni tari, sebagai warisan budaya jati diri bangsa Indonesia.
  • Sebagai wadah atau tempat bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan positif di tengah kegiatan perkuliahannya.
  • Menumbuhkan minat dan apresiasi mahasiswa terhadap kesenian warisan Indonesia.

Saat ini, sudah ada 80 anggota VISTRADUI yang terdaftar. Selain menyelenggarakan acara tahunan Pagelaran Tari, komunitas ini aktif mengikuti misi budaya ke luar negeri setiap tahun. Pada tahun 2015 VISTRAD UI berhasil memperkenalkan seni tari Indonesia ke China, dalam helatan “The 3-edition Lanzhou International Drum Folklore Festival of China”. Dalam perhelatan ini, VISTRAD UI menampilkan Tari Giring-Giring (Kalimantan Timur), Tari Srikandi (Jawa Timur), Tari None Betawi (Betawi), dan Tari Rancak Minang (Sumatera Barat).

Sementara pada tahun 2016, VISTRAD UI berangkat mengikuti 4 Festival Folklore di Perancis. Dalam perhelatan ini, Tim misi budaya Vistrad Vokasi UI membawakan 8 buah tarian, yakni Tari Ratoeh Jaroe (NAD), Tari Sayak Balapak (Sumatera Barat), Tari Tifa (Nusa Tenggara Timur), Tari Putri Enggang (Kalimantan Timur), Tari Lenso Maluku (Maluku), Tari Zapin Mubarak (Melayu), Tari Bajidor Kahat (Jawa Barat), Tari Sarak Wondama (Papua). Saat misi budaya ke Prancis ini, VISTRAD UI berhasil menyabet piala dalam “Festival Terres De Saone Port Sur Saone”.

 

Ghina, sebagai salah satu anggota dari VISTRAD UI menuturkan rencana kedepannya, selain mengikuti lomba tari tradisional kontemporer di luar negeri, VISTRAD UI juga akan membuat pagelaran drama musical dan membuat acara flashmob tari tradisional ditengah kota Jakarta untuk memperkenalkan kekakayaan budaya Indonesia.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *