7 Langkah Mudah Relaksasi Yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Setelah hari yang melelahkan, the time of the day pasti yang sangat ditunggu-tunggu adalah saat memasuki kamar dan menghabiskan waktu untuk diri sendiri. Menurut Yosifebi Ramadhani dari Komunitas GueSehat sangat penting bagi kita to have a quiet time untuk diri sendiri setelah kegiatan sehari-hari. Waktu ini dapat Anda gunakan untuk meringankan pikiran, melemaskan tubuh yang tegang, dan mengurangi stres. Tidak perlu membayar biaya yang mahal di spa demi mendapatkan relaksasi yang maksimal.  Berikut adalah beberapa cara relaksasi di rumah untuk menenangkan tubuh dan pikiran setelah hari yang melelahkan, yang ditulis oleh Yosifebi Ramadhani;

  • Memakai pakaian yang nyaman

Langkah pertama yang saya lakukan untuk memulai quiet time adalah dengan mengganti baju menjadi pakaian yang nyaman. Celana jeans dan kemeja terasa terlalu sempit dan membatasi. Berganti baju juga dapat memberi sinyal pada tubuh bahwa Anda sudah beralih dari kesibukan sehari-hari dan akhirnya dapat bersantai. My ultimate comfortable wardrobe choice adalah t-shirt longgar dan celana pendek tidur. Saat sedang hujan di luar, dan saya ingin lebih menghangatkan diri, biasanya saya memakai sepasang kaos kaki untuk sentuhan kehangatan tambahan.

  • Nyalakan lilin aromaterapi

Did you know bahwa wewangian dapat mengurangi stres dan pikiran negatif? Masukan lilin aromaterapi ke dalam ritual relaksasi Anda. Aroma dari lilin aromaterapi sangat efektif dalam menghadirkan atmosfir yang menenangkan untuk tubuh dan pikiran. Banyak pilihan wewangian yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Jika tubuh merasa letih, coba pilih lilin aromaterapi dengan aroma kayu manis (cinnamon) dan kayu cendana (sandalwood). Jika ingin menyegarkan pikiran dan tubuh, coba pilih aroma-aroma fresh seperti lemon atau grapefruit. Aroma favorit saya adalah vanilla dan white musk karena wanginya yang hangat dan comforting.

Biasanya saya menyalakan lilin selama sekitar 20-30 menit, lalu saya akan mematikan apinya. Pastikan jendela kamar terbuka saat mematikan lilin, agar Anda tidak menghirup asap dari sumbunya. Setelah itu, biarkan lilin yang biasanya dalam kondisi cair menetap di kamar agar aromanya dapat mengisi ruangan.

  • Pasang musik yang menenangkan

Sering saya menyarankan pada orang-orang untuk melibatkan musik ke dalam kegiatan sehari-hari. Faktanya musik dapat mengatur mood kita, dan dengan pilihan musik yang tepat, kita dapat menenangkan pikiran. Banyak orang yang menyarankan musik klasik atau acoustic untuk waktu bersantai, and I do agree. Tapi saya juga percaya tiap orang memiliki preferensi musik masing-masing yang dapat membuat mereka tenang. saya menemukan ketenangan pikiran saat mendengar lagu baroque pop atau dream pop seperti Lana del Rey dan Banks. Tetapi kadang saya juga mendengarkan Ed Sheeran saat bersantai. Jadi jika musik hip hop, klasik, maupun rock dapat menenangkan pikiran Anda, coba libatkan musik tersebut ke dalam rutinitas relaksasi di rumah.

  • Manjakan diri sendiri

Jika Anda tidak sempat menggunakan masker muka, cat kuku, atau menggunakan pore pack sebelum berangkat kuliah atau ke kantor, this is the time. Gunakan waktu relaksasi ini for beauty routines yang tidak sempat dilakukan pada pagi hari. Mulai dengan face cleanser dan face wash untuk membersihkan muka dari debu dan kotoran. Selanjutnya Anda juga bisa berbaring sambil mengenakan face mask atau bahkan berendam air panas. Saya sangat merekomendasikan untuk menyimpan beberapa masker muka yang beragam fungsinya seperti moisturizing dan brightening agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda pada hari itu. Dedikasikan 1-2 jam untuk beauty routines untuk memanjakan diri dan juga melepaskan pikiran dari kesibukan yang sudah dilewati.

  • Minum teh

What can’t a glass of tea fix? Dengan segelas teh panas, Anda dapat melepaskan semua penat dan pikiran. Aroma, rasa, dan kehangatan yang dimiliki teh sangatlah cocok untuk Anda nikmati setelah hari yang panjang. Kadar kafein teh jauh lebih rendah dari kopi, sehingga dapat membantu menjadi lebih bersantai. Pilih teh herbal, seperti chamomile, untuk efek relaksasi yang lebih. Saya merasa bahkan dari memulai proses pembuatan teh seperti memanaskan air dan meracik daun teh sudah dapat menjadi proses relaksasi tersendiri.

  • Lakukan satu aktivitas yang dapat mengalihkan pikiranmu dari pekerjaan

Selain dengan beauty routine yang saya sebutkan di atas, pilih satu aktifitas yang Anda sukai dan dapat menjauhkan pikiran dari pekerjaan. The first thing that I usually do adalah menutup windows dan tab browser di komputer yang berhubungan dengan pekerjaan seperti email, artikel bahan bacaan, dan berita. Lakukan apapun hobi yang dapat membuat Anda senang, seperti nonton TV, baca buku, menulis, atau bahkan menjahit. Coba untuk menjauh dari film atau acara TV yang terlalu berat, karena Anda sudah menggunakan otak untuk berpikir sepanjang hari, ini saatnya untuk hanya bersantai and be entertained. Biasanya saya memilih acara TV sitcom seperti Friends atau How I Met Your Mother, dan film-film ringan dengan genre romantic comedy.

Namun aktifitas yang paling saya sering lakukan untuk relaksasi adalah membaca buku dan menulis puisi. saya  sangat merekomendasikan buku Stories for Rainy Days karya Naela Ali. Buku ini berisi cerita-cerita pendek dan puisi yang ringan.

Masih banyak lagi aktivitas unik yang dapat Anda lakukan untuk mengalihkan pikiran. Gunakan slot waktu ini untuk melakukan hal-hal yang tidak sempat dilakukan saat sedang kuliah atau bekerja.

  • Berbaring dan tarik nafas

Setelah menyiapkan dan melakukan hal-hal di atas, cobalah untuk berbaring di atas tempat tidur (sofa atau lantai juga boleh, if that’s what you prefer) dan lemaskan semua bagian tubuh, termasuk kaki dan tangan. Pejamkan mata untuk sementara dan coba untuk kosongkan pikiran. Atur napas, tarik napas sedalam-dalamnya, dan buang. Mungkin terdengar sepele, tapi saya merasa hal ini dapat membantu untuk melemaskan badan. Anda boleh melakukan ini sampai tertidur, atau mengulang aktivitas-aktivitas yang sudah disebutkan di atas. Apapun yang kamu mau, because it’s your time.

 

Itulah beberapa langkah tips relaksasi di rumah. Kehidupan di kota memang berat, rasanya stres dan pekerjaan tidak ada habisnya, so why not spend some time for yourself? Anda boleh melakukan hal-hal ini tiap malam, hanya 3 kali seminggu atau bahkan hanya di akhir pekan, tapi direkomendasikan untuk melakukan ini minimal sekali seminggu. How about you? Apakah Anda punya rutinitas relaksasi sendiri yang dilakukan saat pulang ke rumah?

Sumber: GueSehat

Foto dari SoftubExpress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *