Perempuan Mahardhika: Untuk Kemerdekaan Seluruh Perempuan Indonesia

Perempuan Mahardhika adalah organisasi perempuan yang menghimpun individu-individu perempuan aktivis yang aktif dalam organisasi-organisasi kerakyatan dari berbagai sektor, serta individu perempuan yang peduli dan mau berjuang untuk hak azasi perempuan, demi membebaskan kaum perempuan dari penindasan, baik ekonomi, budaya, dan politik, sehingga tercapai suatu sistem yang adil dan setara.


Penghancuran gerakan sosialis, kiri dan progresif kerakyatan di Indonesia tahun 1965 adalah kekalahan bagi gerakan rakyat dan perempuan di Indonesia. Reformasi 1998 dan penjatuhan kediktatoran Soeharto membuka jalan bagi suatu reorganisasi pergerakan perempuan. Berbagai bentuk organisasi perempuan bermunculan: kelompok-kelompok komunitas basis perempuan dan LSM menjamur, namun belum dalam kerangka melawan secara politik seluruh sistem yang menindas perempuan, yaitu kapitalisme dan patriarki. Kelahiran kembali gerakan ini memberi suatu landasan untuk membangun kembali suatu pergerakan perempuan progresif dan anti kapitalis untuk melawan iklim politik yang semakin seksis. Perempuan Mahardhika didirikan atas dasar kepentingan ini.

Sumber: Laman Facebook Perempuan Mahardhika

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *