7 Cara Andalan Untuk Mengatasi Insomnia

Insomnia umumnya dikenal sebagai keadaan dimana seseorang sulit untuk memulai tidur. Ada berbagai jenis insomnia dengan keunikannya masing-masing. Anda menderita early insomnia, jika sering kesulitan mulai tidur. Sedangkan jika Anda sering terbangun malam hari, namun masih dapat meneruskan tidur, Anda mengalami middle insomnia. Jika Anda sering terbangun pada dini hari dan tidak dapat tidur kembali, Anda menderita late insomnia.

Berikut cara mengatasinya yang dipaparkan oleh Jessica Christy dari Komunitas GueSehat;

Cegah Insomnia

Anda dapat menangani insomnia dengan mengubah gaya hidup. Penelitian mengatakan bahwa orang dewasa membutuhkan tidur sebanyak 7 sampai 8 jam tiap harinya, remaja membutuhkan 9 jam per hari, sedangkan anak usia sekolah membutuhkan minimum 10 jam per hari.

Cara Mencegah dan Menangani Insomnia

Bagaimana cara mencapai kualitas dan kuantitas tidur yang baik?

1. Disiplin Tidur Sesuai Jadwal

Usahakan agar tubuhmu mengetahui atau terprogram untuk mengikuti jam tidurmu. Tidur dan bangun di jam yang teratur akan meningkatkan kualitas tidur yang baik dan membuat Anda merasa rasa segar saat bangun!

Selain itu, Anda juga harus membiasakan diri untuk menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan seks! Ingat, your bed is only for sleep and sex! Biasakan tubuhmu untuk mengenali bahwa ranjang adalah saat untuk beristirahat. No working on yourat bed!

2. Tidak berhasil? Bangun dan coba lagi!
Saat anda sudah mencoba tidur selama 20 menit dan tidak berhasil, bangun dan lakukan hal lain yang menenangkan atau malah /membosankan. Dengarkan musik atau bacalah buku dapat membuat Anda mengantuk dan mempercepat Anda untuk tidur kembali. Mendengarkan musik dan membaca merupakan contoh yang dapat menyebabkan Anda menjadi ngantuk.

3. Kebiasaan sebelum tidur

Terus ikuti satu rutinitas sebelum tidur secara berkala. Contoh Anda dapat mandi dengan air hangat beberapa saat sebelum tidur agar lebih mudah menjadi tenang. Mendengarkan musik atau minum teh yang tidak mengandung kafein, seperti teh chamomile, juga dapat membantu bersiap-siap untuk tidur. Minum susu hangat sebelum tidur juga dapat membantu Anda tertidur lebih cepat. Susu mengandung tryptophan yang terbukti memicu pelepasan melatonin, sebuah hormon yang mengirim signal ke otak untuk beristirahat, ke dalam tubuh Anda secara alamiah. Pisang dan kacang almond juga mengandung tryptophan untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak.

4. Atur jam makanmu!
Walaupun Anda bisa makan pisang, minum susu, dan makan kacang almond untuk mencegah insomnia, jangan makan sembarangan. Keadaan perut dapat memengeruhi tidurmu. Hindari makan terlalu kenyang atau membiarkan perut kosong sebelum tidur karena dapat membuat Anda sulit tertidur. Untuk mencegah insomnia, usahakan untuk memberikan rentang waktu antara makan malam dan tidur. Tidurlah 3 jam sesudah makan untuk mempermudah dirimu tertidur. makan malam keadaan yang terlalu kenyang/lapar. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan rentang waktu antara makan malam dan tidur sekitar 3 jam.

5. No caffeine, no nicotine, no alcohol

Untuk mencegah insomnia, hindari konsumsi kafein, rokok, alkohol 5 sampai 6 jam sebelum tidur. Kafein dapat ditemukan di kopi, teh, dan soft drink, bahkan coklat. Kafein dan rokok akan memberikan efek stimulan pada otak kita. Walaupun banyak orang berkata bahwa alkohol dapat memberikan efek rileks, namun metabolisme dari alkohol sendiri dapat mengganggu tidur. Ingat, cegahlah insomnia dengan menenangkan diri sebelum tidur.

6. Yuk berolahraga!
Menurut penelitian, olahraga yang teratur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak seseorang ke dalam kualitas tidur yang baik. Namun hindari olahraga yang intens beberapa saat sebelum tidur! Untuk mencegah insomnia, cobalah untuk melakukan olah raga 3 sampai 4 jam sebelum tidur. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu setelah pulang kantor, usahakan untuk berolah raga yang rileks, seperti yoga.

7. Suasana kamar

Walaupun terkesan simple, namun suasana kamar sangat mempengaruhi kualitas tidur Anda! Memastikan suasana kamar yang relaxing adalah cara yang kondusif merupakan salah satu faktor yang penting penting dan efektif untuk membantu Anda tidur. Atur suasana di ruang tidur Anda dengan meredupkan cahaya redup dan menurunkan suhu. Berikan dirimu cukup ruang atau  yang cukup serta space agar dapat tidur dengan nyaman. Jauhi gadget, seperti ponsel, TV, dan komputer dari kamar tidur Anda.  

Insomnia adalah kondisi dimana seseorang kesulitan tidur. Insomnia dapat mempengaruhi hari Anda dan mengganggu konsentrasi serta kinerja Anda. Jika anda mengalami insomnia, cobalah beberapa tips di atas agar bisa tidur yang nyenyak. Tidur yang cukup dan nyenyak akan membantu Anda untuk bangun tidur akan lebih segar. Anda pun bisa dan hal ini dapat menghindari penggunaan obat-obatan. Jika Anda terus mengalami insomnia, Anda dapat melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter Anda. Yuk share pengalaman Anda dengan insomnia dan tips mencegah insomnia!

Sumber: Komunitas GueSehat

Foto dari EMPOWHER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *