Komunitas Aquascape Semarang; Berbagi Informasi Keterampilan Membentuk Ekosistem Di Aquarium

Menanam berbagai jenis tanaman tak hanya bisa dilakukan pada sebidang tanah saja. Tetapi bisa juga dilakukan di dalam akuarium yang dikenal dengan istilah aquascape. Bahkan, seni aquascape mulai banyak digemari beragam kalangan. Dan demi mengembangkan hobinya, beberapa pecinta aquascape banyak yang membentuk komunitas. Salah satunya bernama Komunitas Aquascape Semarang (KAS).

Sesuai dengan namanya, komunitas ini dibentuk di Semarang pada Juli 2012. Hampir sama dengan komunitas pada umumnya, komunitas ini dibentuk dengan tujuan saling sharing informasi hingga keterampilan membentuk ekosistem di dalam aquarium. Dan biasanya, ajang saling sharing tersebut dilakukan ketika kegiatan rutinnya berlangsung.

Tak sekedar sharing biasa saja, ajang tersebut juga bermanfaat untuk mematangkan ketrampilan menghias akuarium dengan aneka jenis tanaman. Selain itu, setiap anggota juga akan mengulas tentang model atau trend apa yang tengah digandrungi dalam aquascape, serta menambah informasi seputar lokasi-lokasi belanja perlengkapan aquascape yang murah.

Selain rutin melakukan kopdar, komunitas ini juga kerap melakukan perlombaan yang biasa disebut Quick Setting, ataupun lomba menghasilkan aquascape dalam waktu cepat. Kemudian ada juga Battle of Titan yang merupakan pertarungan antar anggota komunitas.

Bila dikaji, seni aquascape lebih menitikberatkan pada tanaman air, batu, dan kayu. Sedangkan untuk ikan, yang dipilih merupakan ikan berukuran kecil. Tujuannya adalah agar tidak merusak tanaman yang ada di dalam akuarium. Dan salah trend aquascape yang masih booming hingga kini adalah Iwagumi style.

Iwagumi Style adalah gaya aquascape yang memiliki fokus utama pada penataan bebatuan. Namun tak sekadar menata batu saja, harus memenuhi semua kaidah yang berlaku. Mulai dari jarak antar batu, jumlah batu besar dan kecil, hingga berapa besar ukuran batu yang digunakan. Semuanya harus proporsional.

Ada beberapa istilah untuk menyebut bebatuan dalam seni aquascape. Misalnya, oyaishi merupakan sebutan untuk batu utama di iwagumi style. Batu ini memiliki ukuran paling besar dan memiliki bentuk terbaik. Sementara fukuishi merupakan batu besar kedua, dan soeshi yang memiliki ukuran lebih kecil dari fukuishi diletakkan di sebelah oyaishi serta suteishi yang merupakan ukuran batu terkecil.

Semakin banyaknya kalangan yang hobi pada seni aquascape, rupanya berdampak positif dengan komunitas ini. Buktinya, hingga saat ini Komunitas Aquascape Semarang sudah memiliki anggota sebanyak ratusan orang. Bahkan, agar lebih berkembang, komunitas ini menerima siapa pun yang ingin bergabung. Nah, bagi Anda yang ingin bergabung Anda bisa langsung join melalui fanpage Facebook-nya.

Sumber: JITU NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *