PELUK Surabaya; Forum Silaturahmi dan Berbagi Ilmu Untuk Perawatan Luwak

Tak hanya dikenal sebagai penghasil biji kopi yang terkenal, Luwak ternyata juga bisa dijadikan sebagai peliharaan tersayang. Salah satunya adalah komunitas Pecinta Luwak Surabaya, atau yang biasa disingkat PELUK.

Komunitas ini berdiri pada 10 Februari 2013 di Surabaya. Tujuan dibentuknya komunitas ini tak lain dan tak bukan, sebagai forum untuk bersilaturahmi dan berbagi ilmu tentang perawatan luwak.

Selain itu, setiap anggota wajib saling menghormati dan dilarang keras menjelekkan komunitas lain. Hal tersebut dikarenakan, pada dasarnya sesama komunitas berkumpul untuk mencari persaudaraan. Tak hanya menjaga hubungan dengan komunitas lain. Anggota PELUK juga wajib mentaati semua aturan yang berlaku demi kenyamanan bersama.

Agar tetap eksis, anggota PELUK memiliki kegiatan rutin berupa kopdar yang kerap dilakukan di Taman Bungkul, setiap hari Sabtu pada pukul 8 malam hingga selesai. Meski dikenal sebagai hewan liar, ternyata luwak juga bisa dipelihara bahkan bisa jinak seperti anjing ataupun kucing peliharaan. Hebatnya, jika dirawat dan dilatih dengan baik, luwak bisa menjadi hewan lucu yang menggemaskan juga. Dan hal tersebut sudah dibuktikan oleh anggota PELUK.

Adapun cara pemeliharaan luwak tergolong mudah. Untuk pakan, luwak bisa diberi buah-buahan. Bahkan, bisa juga diberi makan nasi. Sedangkan dari segi perawatan, luwak bisa dimandikan 2-3 dalam seminggu. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan kotoran luwak yang ada di dalam kandang.

Selain itu, karena tergolong makhluk malam atau hewan nocturnal, usahakan luwak tidak diletakkan di tempat yang terlalu terang. Kemudian, usahakan tidak menjemur luwak terlalu lama, karena bisa mengakibatkan gangguan mata pada luwak kesayangan.

Nah, bagi Anda yang berada di Surabaya dan ingin bergabung. Anda bisa mengisi formulir pendaftaran, sesuai dengan tanda pengenal yang masih berlaku seperti KTP ataupun Kartu Pelajar. Selain itu, Anda juga harus mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku di PELUK.

Sumber: JITU NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *