Indonesia Bisa: Aku Muda, Aku Bisa!

Indonesia BISA merupakan sebuah platform anak muda dimana visi dari community movement ini adlaah mencapai Indnoesia Emas 2045. Indonesia BISA (IB) digagas oleh Satriya Ade Nugroho dan dua rekannya yaitu Irvandias Sanjaya dan Nafisah Arinilhaq pada tanggal 17 Agustus 2015. Sesuai dengan tanggal kemerdekaan Indonesia, IB bergerak sebagai organisasi non-profit dibidang pendidikan, kepemudaan dan sosial.

Awal mula berdirinya IB adalah sebagai media partner dan berbagi informasi seputar peluang untuk aktualisasi berdiri. Melihat dari banyaknya peluang namun yang mengikuti kegiatan hanya orang-orang yang sama, maka IB disusun untuk membagikan secara masif peluang-peluang aktualisasi diri.

Seiring berjalannya waktu, IB mulai bergerak ke ranah organisasi Non-Profit melihat respon luar biasa dari anak muda di Indonesia. Harapannya dengan menjadikan IB sebagai organisasi Non-Profit, IB mampu memberikan kontribusi bermanfaat bagi kemanjuan bangsa Indonesia. Sesuai tagline yang kami miliki “Aku Muda, Aku Bisa” menjadi pendorong semangat bagi anak muda.

Kini Indonesia BISA dengan program pertamanya Duta Indonesia BISA telah memiliki program-program khusus di setiap kotanya. Adapun kota yang menjadi bagian dari Duta Indonesia BISA adalah Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Malang. Dari calon pendaftar 550 terpilih 39 Duta Indonesia BISA dan 8 Lead Coordinator (Imam, Jaka, Ardhan, Faiz, Eunike, Wisnu, Salsa dan Annisa) di masing-masing kota besar tersebut. Masing-masing kota sudah memiliki program unggulan masing-masing yang dijalankan sesuai isu atau tema yang di usung. Seperti contohnya Malang dengan Malang Smart Difabel atau Bogor dengan Ide Berani atau Surabaya dengan Photo Contest Pahlawan dan lainnya.

Berikut penjelasan eksplisit mengenai Indonesia BISA :

1. Kalimat “INDONESIA BISA!” menggunakan warna merah dan putih untuk melambangkan ciri khas Indonesia (bendera merah putih).

2. Kalimat “AKU MUDA, AKU BISA!” ditambahkan sebagai tagline. Indonesia BISA! ingin anak muda memiliki sense rasa kepemilikan dan optimisme terhadap dirinya, untuk kemudian bangga akan Indonesia.

3. Burung Garuda tidak hanya sebagai lambang negara Indonesia, tetapi juga dipilih karena visioner, berani, optimis, kuat, bangga, percaya diri, dan mampu berdikari dalam menjaga dan melihat wilayahnya (Indonesia). Burung Garuda berani terbang tinggi walaupun sendiri. Warna kuning di paruh burung melambangkan kejayaan karena burung Garuda menggunakan mulutnya yang kuat dan kokoh untuk menaklukan mangsa (meraih kejayaan).

4. Lalu 5 bulu yang ada di sekitar kepala melambangkan 5 sila pada Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Tahukah kamu kalo pemerintah udah mencanangkan target jangka panjang? Yap! namanya visi Indonesia Emas 2045. Tepat 100 tahun setelah kemerdekaan. Kalo pemimpin sekarang rata-rata usianya 50-an, berarti pemimpin yang akan ada di tahun 2045 ini adalah yang sekarang berada di sekitar usia 20-an, yaitu para pemuda Indonesia. Agar para pemuda Indonesia saling terinspirasi, Indonesia BISA! hadir untuk anak muda. Ya! maka dari itu visi IB adalah “Menginspirasi Pemuda Indonesia dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.” Biar kita kerjanya sama-sama, bukan cuma membebankan ke pemerintah saja

Nah, gimana sih caranya agar visi dan misi Indonesia BISA tercapai? Indonesia BISA! memiliki program dan tools yaitu:

1. Sekolah Kepemimpinan, yaitu program pelatihan kepada Duta Indonesia BISA! sebagai trigger para pemuda lainnya untuk bersama-sama mencapai Indonesia Emas 2045.

2. Rumah Inspirasi, yaitu wadah untuk para pemuda di Indonesia mengembangkan skill dan potensinya. Rumah Inspirasi fokus untuk menyediakan seminar, talkshow maupun workshop secara gratis dan menyenangkan.

3. Komunitas Lokal, yaitu komunitas yang dibentuk di suatu daerah untuk menyebarluaskan nilai-nilai yang ingin dicapai Indonesia BISA!. 4. Website dan Media Sosial.
Indonesia BISA! punya website lho. Yuk cekidot di www.indonesiabisa.org . Untuk media sosial, Indonesia BISA! punya Facebook (Indonesia BISA) dan Instagram (@indonesiabisa_org). Silakan like dan follow akun media sosial Indonesia BISA! yaa.

Indonesia BISA! hadir karena suatu hal, yaitu ingin menyebarluaskan nilai-nilai yang sebenarnya dimiliki oleh Indonesia. Terdapat 4 nilai yang ingin ditanamkan kepada pemuda Indonesia, yaitu:

1. Pendidikan
–> Prestatif, pasti kalian telah memiliki sejumlah prestasi yang membawa nama harum Indonesia. Nah, yang tidak punya prestasi, gimana dong, Kak? Jangan sedih, ada lagi nih, nilai yang dimaksud Indonesia BISA.
–> Inspiratif, pasti kalian diantara seluruh pemuda Indonesia pernah memberikan citra positif kepada pemuda Indonesia lainnya. Jadi, kalo udah inspiratif, berarti kamu udah prestatif. Eits, jangan lupa, masih ada satu hal lagi nih, yaitu..
–> Integritas. Nah, ini yang sulit, tapi bisa dilakukan kalo udah berniat dan konsisten menjalankannya. Kalo udah integritasnya dapat, secara tidak langsung bisa menggapai prestatif dan menginspirasi pemuda di Indonesia.

2. Dinamis
–> Kreatif, setiap pemuda memiliki jiwa kreatif dalam menyelesaikan permasalahan lewat cara dan bidangnya masing-masing.
–> Adaptif, kalo yang ini pemuda harus mampu beradaptasi dengan segala tantangan dan peluang Indonesia saat ini dan di masa depan.
–> Inovatif, pemuda itu harus berinovasi dalam membantu menyelesaikan permasalahan Indonesia. “Think out of the box” gais!

3. Nasionalisme
–> Kebangsaan, yap! mulai dari mengenal nilai Indonesia dan mengamalkannya
–> Kepemudaan, pasti pemuda memiliki jiwa kepemudaan yang tinggi, bahkan para pahlawan veteran saat ini masih memiliki jiwa kepemudaan yang tinggi pula terhadap bangsa Indonesia.
–> Kepemimpinan, yuk pemuda harus bisa memimpin, minimal memimpin dirinya sendiri menuju kebaikan

4. Sinergi
–> Aksi, Nah, pemuda Indonesia harus lebih banyak berkarya, berani berbuat dan bertindak nyata.
–> Toleransi, jangan lupa juga bahwa kita tinggal di negara yang memiliki beragam suku, kepercayaan, dan ras, serta agama. Jadi, mari kita jaga keutuhannya yaa ?
–> Kolaborasi, udah punya ide, punya visi sama, kenapa tidak kolaborasi saja? Dulu aja ketika ingin memerdekakan Indonesia, para pemuda di seluruh Indonesia berkumpul bersama untuk menyatakan sumpah pemuda Indonesia.

Selanjutnya adalah 3 poin misi Indonesia BISA!

1. Menjadi platform unggulan penyedia informasi pendidikan dan pengembangan kepemudaan.

2. Menanamkan nilai optimisme dan nasionalisme melalui media informasi dan program pelatihan kepemudaan.

3. Menginspirasi dan memberdayakan pemuda melalui komunitas lokal dan inisiatif sosial

3 bagian yang menjalankan seluruh program dan tools Indonesia BISA!

Yuk, disimak satu per satu:

1. Sobat Indonesia BISA!, yaitu terdiri atas staff (pengurus), relawan (volunteer), dan kontributor website.

2. Duta Indonesia BISA!. Nah, Indonesia BISA! ini punya duta lho. Tugasnya menjadi Inspirator Pemuda Indonesia dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

3. Komunitas Lokal. Jadi, komunitas lokal ini tidak hanya menyebarluaskan nilai-nilai Indonesia BISA!, tetapi juga memiliki Social Project. Saat ini, terdapat 8 komunitas lokal yang terbentuk sejak tanggal 26 September 2016, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Malang, dan Surabaya.

Sumber: Laman Indonesia Bisa

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *