Tingkatkan Soliditas, Ketimbang Ngemis Palembang Gelar Silaturahmi Antar Komunitas

Banyaknya komunitas yang bermunculan di Palembang, memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Saat ini, sudah banyak komunitas sosial dan pendidikan yang terjun langsung membantu sesama.

Melihat potensi anak muda yang tergabung dalam komunitas sosial dan pendidikan ini, Ketimbang Ngemis Palembang (KNP) berinisiatif mengadakan acara silaturrahmi di sekretariat mereka.

Sebanyak 12 komunitas hadir pada acara silaturrahmi ini dari total 22 komunitas yang diundang. Komunitas sosial dan pendidikan yang hadir ini berasal dari latar belakang yang beraneka ragam, mulai dari yang mengurusi anak jalan, kaum dhuafa, anak panti asuhan, orang tua yang masih produktif sampai yang mengurusi penyakit kanker anak.

Menurut Hardi, Ketua pelaksana acara, “Acara ini merupakan salah satu program divisi humas Ketimbang Ngemis Palembang. Tujuan kita mengadakan acara ini, ingin semakin mempererat silaturrahmi antar komunitas sosial dan pendidikan yang ada di Palembang. Selama ini kita biasanya berkomunikasi via online, oleh karena itu pada hari ini kami berinisiatif mengundang teman – teman komunitas silaturrahmi langsung di sekretariat kami. Dengan harapan ke depan bisa mengadakan agenda sosial dan pendidikan bersama.”

Dalam sambutannya, M. Wirajaya selaku Plt Ketua KNP menyampaikan,”Dalam kesempatan silaturrahmi ini, kami berharap terbangunnya soliditas dan sinergi antar komunitas terutama yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan. Kita bisa saling support dalam hal apapun kepada komunitas yang ada.

“Kita juga ingin memberikan kontribusi nyata bersama – sama kepada masyarakat Palembang dan Sumsel umumnya. Terlebih lagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 2018, maka anak muda yang tergabung dalam komunitas harus ambil peran guna menyukseskan perhelatan akbar ini.” tutup Wira.

Acara silaturrahmi ini disambut baik oleh teman – teman komunitas yang hadir. Banyak sekali pengalaman dari masing – masing komunitas yang bisa dibagikan dalam acara ini.

Salah satu perwakilan komunitas yang hadir, Indri dari Relawan Anak Sumsel menyampaikan mereka sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari forum hari ini. Sehingga bisa berbagi keresahan yang sama dengan komunitas sosial dan pendidikan terkait program unggulan masing – masing.

Dalam acara ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel Belman Karmuda yang memberikan inspirasi kepada komunitas agar terus setia pada cita – cita membela manusia, melalui apapun caranya.

Belman juga memberikan suntikan energi baru untuk bersama – sama berkolaborasi., dan menyampaikan ucapkan terima kasih atas inisiatif Ketimbang Ngemis Palembang yang telah merangkul komunitas – komunitas yang hadir pada hari ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada KNP yang sudah mengundang ke acara silaturrahmi ini. Saya terkejut dengan banyaknya komunitas sosial dan pendidikan yang hadir pada hari ini. Dari perkenalan tadi, banyak sekali komunitas yang sudah bergerak di bidangnya masing – masing. Tentunya ini membantu program pemerintah demi kesejahteraan masyarakat. Kami dari dinsos tentunya sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini. Ke depan diharapkan akan ada lagi acara semacam ini. Bila perlu, nanti silaturrahmi di kantor kami. Harapan kami juga, komunitas – komunitas ini bisa saling berkolaborasi. Terlebih lagi perhelatan akbar Asian Games sudah di depan mata. Banyak sekali yang bisa dilakukan komunitas demi membantu menyukseskan Asian Games nanti.” Pungkas Belman dalam sambutannya.

Di akhir acara, KNP memberikan cinderamata berupa sertifikat penghargaan sebagai apresiasi bagi para komunitas yang hadir.

Sumber: Kabar Sriwijaya

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *