Hari Dongeng Se-Dunia, PT KAI dan Komunitas Dakocan Pentaskan Dongeng di Stasiun Kereta

Memperingati Hari Dongeng Se-Dunia, PT KAI Tanjungkarang dan Komunitas Dongeng Dakocan mementaskan dongen di Stasiun Kereta Api, Senin (20/3).

Pendongeng Komunitas Dongeng Dakocan, Iin Mutmainnah mengatakan, dirinya menceritakan dongeng kepada anak-anak tentang bagaimana cara menaiki kereta api dan menyampaikan kepada anak-anak apa yang tidak boleh dan apa yang boleh dikalakukan dalam selama perjalanan kereta api.

“Kita juga menyeru kepada anak-anak untuk tidak melakukan vandalisme (perusakan) terhadap kereta api. Selama ini kan anak-anak sepanjang rel suka melemparkan batu dan kami memberitahukan apa akibatnya melakukan seperti itu,” terangnya.

Sebelum menceritakan dongeng kepada anak-anak, lanjut Iin, dirinya mengadakan sesi sosoal drama yang dimainkan dengan para petugas yang ada di lingkungan kereta api diantatanya, masinis, kondektur, polsuska, BPKA, petugas loket, pramugari dan pramugara.

“Jadi anak-anak diminta untuk memperagakan bagaimana seseorang kalau ingin membeli tiket kereta api, naik kereta api dan sampai apa yang dilakukan didalam kereta api. Kita juga mengajarkan kembali lagu lama yang sudah todak dinyanyikan anak-anak seperti lagu Kereta Apiku,” jelasnya.

Humas PT Kereta Api Tanjungkarang Franoto mengatakan, kegiatan dalam memperingati hari dongeng ini diminta langsung oleh pimpinan dari Bandung untuk semua daerah memperingati Hari Dongeng Se-Dunia.

“Untuk implementasinya kita laksanakan di Stasiun Tanjungkarang dan tujuannya untuk sosoalisasi kepada anak-anak usia dini untuk memahami perkereta apian itu seperti apa dan cara menaiki kereta api yang baik bagaimana,” jelasnya.

Terkait acara yang digelar hari ini, ia menambahkan, Insya Allah selanjutnya dongeng tentang kereta api ini akan menjadi kegiatan rutin PT KAI.

“Insya Allah dan mudah-mudahan acara yang berlangsung saat ini akan menjadi kegiatan rutin PT KAI,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu murid dari sekolah SD 4 Islan Sanjaya mengatakan, sangat senang dengan adanya acara dongeng sedunia ini yang digelar di stasiun kereta api.

“Tadi diceritain dongeng tentan kereta api, dan nyanyi juga. Kami juga tau cara naik kereta api yang benar,” kata Islan.

Acara dihadiri puluhan siswa dari Sekolah Dasar (SDN) 1,2,3,4 Sawah Lama dan dari Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA).

Sumber; Lampung News

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *