Tanam Pohon, Aksi Club Pecinta Alam (CPA) Hirosi Sentani Peringati Hari Air Sedunia

Club Pecinta Alam (CPA) Hirosi Sentani melakukan aksi tanam dan perawatan pohon sebagai wujud aksi cinta alam dan lingkungan dalam rangka Hari Air Sedunia yang akan diperingati pada Rabu (22/3) besok.

Kegiatan yang digelar Senin (20/3) kemarin, melibatkan PDAM dan komunitas masyarakat yang diantaranya, Comunitas Vespa Sentani (Canvas), Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). “Iya, kemarin kami adakan aksi kegiatan Perawatan dan dan Penanaman dalam rangka Hari Air Sedunia,” Kata Gloria Tanlain selaku Koordinator Kegiatan, Selasa (21/3) siang.

Aksi tersebut bertujuan untuk mengenalkan tentang pentingnya pelestarian hutan dan memberikan pemahaman tentang perawatan tanaman pohon sebagai sumber utama dan cikal bakal produksi air. “Sekolah Alam Hirosi punya satu kelas lingkungan namanya kelas Akho Darling (Sahabat Sadar Lingkungan), salah satu materinya yaitu dasar pencinta alam, nah, siswa dari kelas tersebut diajarkan bagaimana perawatan tanaman dan pengukuran tinggi tanaman menggunakan organ tubuh sebagai alat ukur,” ujarnya.

Ia menambahkan, tanaman yang telah berhasil ditanam kemarin adalah jenis Pinang dan Mahoni, sedangkan beberapa jenis tanaman yang sudah ditanam oleh CPA Hirosi pada Hari Lingkungan Hidup tahun 2015 lalu, sudah bertumbuh dan pihaknya tinggal melakukan perawatan dari gulma (tanaman liar), juga tanaman mahkota dewa, matoa dan rambutan.

Ia juga mengatakan, bahwa ada sebuah kelas yang dibuka oleh CPA Hirosi untuk umum tentang pembelajaran mengenal lingkungan dan pelestarian alam yang bernama kelas Akho Darling. Kelas tersebut sifatnya sama seperti kursus, per triwulan, hanya saja bedanya materi yang diterima siswa bukan hanya satu materi, tapi ada beberapa materi. “Kelas ini dibuka untuk umum, jadi dari SMP sampai pegawai ada di dalamnya.

Kelas ini dimulai bulan Februari dan nanti akan ada penamatan pada bulan April. Untuk pelajar kami tidak pungut biaya, tapi untuk mahasiswa dan umum dipungut biaya. Sedangkan untuk siswa kelas sendiri ada 25 orang, Kelas Akho Darling ini perdana dan ini triwulan pertama kami,” urainya.

Sumber: WARTAPLUS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *