Selebrasi Earth Hour 2017 Ala Komunitas Earth Hour Bersama Walikota Depok

Peringatan jam bumi atau yang dikenal dengan istilah Earth Hour, umumnya diperingati setiap minggu ketiga di akhir bulan Maret.

Kegiatan tersebut merupakan sebuah gerakan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dampak perubahan iklim dengan cara pemadaman lampu selama 60 menit, baik di rumah ataupun di kantor.

Pemerintah kota Depok bersama komunitas Earth Hour Depok juga turut serta melaksanakan kegiatan rutin tahunan tersebut.

Kegiatan Earth Hour Depok yang dilaksanakan, Sabtu (25/3/2017) malam, turut dihadiri oleh Walikota Depok Mohammad Idris, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Depok Etty Suryahati, dan Kepala Dinas Perhubungan Depok Gandara, serta beberapa ASN Depok lainnya.

Selain itu dari tokoh lingkungan hadir Koordinator Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Depok, Heri Syaefudin.

Dalam sambutannya Idris mengatakan peringatan Earth Hour di Depok sudah digelar sebanyak empat kali sejak tahun 2012.

Menurutnya kegiatan ini adalah momentum memperbaiki iklim hasil inisiatif dari komunitas yang tergerak melakukan perubahan tersebut ke masyarakat.

“Selaku pemerintah Kota Depok juga mendukung kegiatan ini dengan mengeluarkan surat edaran untuk meminta seluruh instansi serta lembaga-lembaga di Kota Depok sejenak memadamkan lampu selama 60 menit demi terciptanya perubahan iklim yang luar biasa bagi kehidupan kita di dunia saat ini,” ujar Idris dalam sambutannya.

Saat ini Pemkot juga tengah gencar memberikan perhatian besar terhadap lingkungan yang ada di Kota Depok, salah satunya setu yang menjadi resapan air.

Langkah yang diambil yaitu berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai pihak yang memiliki asset setu.

“Ini juga merupakan sebuah bentuk sinergi dengan Pemerintah Pusat tentunya,” tuturnya.

Di sesi akhir sambutan, Idris melakukan prosesi switch off, yaitu memadamkan lampu selama kurang lebih 60 menit.

Kegiatan yang berlangsung di Taman Lembah Gurame, Depok, sejak pukul 19.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB ini juga diwarnai penampilan aksi freestyle basket, paduan suara, teater, serta pertunjukkan band.

Selain itu juga diisi pameran dari beberapa komunitas yang ada di Kota Depok.

Sumber: Depoktik

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *