Komunitas Jurnalis Berhijab; Bukan Sekedar Cerita

Profesi Jurnalis dahulu mungkin dikenal dengan profesi yang membutuhkan keberanian karena banyaknya tantangan. Terlebih dengan Jurnalis wanita yang saat itu masih terbilang langka. Adanya larangan Jurnalis wanita berhijab karena dianggap menonjolkan agama tertentu sempat menjadi penghalang Jurnalis wanita untuk menutup aurat.

Namun, seiring perkembangan zaman beberapa peraturan itu pun hilang. Jurnalis yang berhijab kini mulai diperbolehkan menjalani profesinya dengan sepenuh hati.

Berawal dari kesamaan profesi itulah akhirnya para Jurnalis berhijab yang berasal dari berbagai media, baik tv, radio, cetak maupun online bersatu membentuk Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB).

“Awal terbentuknya Komunitas Jurnalis berhijab ini, pada tahun 2012 saat itu para muslimah berhijab sangat jarang yang berkerja di media, nah saat sedang liputan di lapangan gak sengaja ketemu sama jurnalis yang mengenakan hijab juga, tercetuslah ide untuk membuat komunitas jurnalis berhijab agar para jurnalis berhijab bisa kumpul bareng, saling nyemangatin dan mendukung passion kita,” Tutur Trifty Qurrota Aini Ketua Umum Komunitas Jurnalis Berhijab.

Kini, komunitas yang sudah berjalan 5 tahun tersebut sudah mempunyai hampir 100 anggota dari berbagai media. Meski terkadang sulit menyatukan seluruh anggota namun KJB tetap berupaya mengadakan agenda rutin yang dapat bermanfaat untuk anggota KJB maupun untuk orang lain.

Komunitas ini hadir untuk memperat tali silaturahmi sesama para Jurnalis berhijab dan juga berbagi ilmu dan pengalaman kepada orang lain. KJB kini sudah aktif mengisi beberapa kegiatan workshop, seminar, maupun berbagi dengan sesama.

“Alhamdulillah, Komunitas Jurnalis Berhijab sering diundang untuk menjadi pembicara untuk sharing pengalaman seputar dunia jurnalistik, kami juga memiliki program Jurnalist Goes To School untuk datang kesekolah – sekolah melakukan pelatihan jurnalistik,” ujar Trifty.

Komunitas ini juga sempat melakukan kerja sama dengan Hijab School, untuk sharing tentang public speaking, tutorial hijab, dan pengalaman kami sebagai jurnalis,” lanjutnya.

Dalam akun instagram @komunitasjurnalisberhijab , KJB juga melakukan beberapa kegiatan sosial seperti berbagi dan memotivasi kepada adik-adik yang tidak mampu.

Komunitas Jurnalis Berhijab ingin membuktikan jika komunitas ini tak hanya sekedar tempat berkumpul semata namun juga dapat membuktikan jika dengan hijab para muslimah dapat terus berkarya.

Sumber: ARAH.COM – DERA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *