PerutPuan: Mencintai Tubuh Sendiri Merupakan Tindakan Pemberontakan

Dalam dunia yang berjalan dengan dikte dan aturan yang menyangkut ketubuhan, mencintai diri sendiri merupakan sebuah tindakan liar dan berontak. Iklan-iklan yang bersliweran kerap menunjukkan sebuah standar tentang bagaimana perempuan harus tampil, berjalan, bersikap dan bertingkah laku. Kenyataannya, perempuan tidak hanya satu macam saja. Ada beragam perempuan dengan kebutuhan yang berbeda, yang mau tidak mau harus takluk kepada standar yang ada.

PerutPuan merupakan sebuah komunitas yang mengajarkan kepada perempuan-perempuan lainnya tentang kepentingan untuk mencintai tubuh mereka sendiri. Perempuan merupakan kelompok yang paling banyak dituntut untuk mengikuti standar yang telah ditetapkan; kulit putih, rambut hitam dan lurus, tinggi semampai, serta lemah lembut. PerutPuan menginginkan sebuah gebrakan sosial agar anak-anak perempuan dan perempuan dewasa mampu memahami bahwa standar kecantikan dan ketubuhan yang ditetapkan oleh masyarakat bukanlah standar yang harus diikuti, bahwa kata sifat cantik tidak ditentukan dari satu parameter saja.

Foto: Instagram PerutPuan

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *