#TemuRupa volume 4: Inginkan Lingkungan Seni Rupa Yang Inklusif, Pertemukan Pelaku Seni dengan Penikmat Seni

Sabtu tanggal 1 April yang lalu, CreateCo menggelar #TemuRupa yang keempat. Event kali ini merupakan kali kedua yang dimotori oleh CreateCo, setelah #TemuRupa pertama dan kedua diselenggarakan secara kolektif dan swadaya. Acara ini berjalan dengan judul besar: “What’s Your Color Mood?”; yang juga berisi workshop seni dan pameran. #TemuRupa volume 4 ini digelar di Kopi Progo, di Jalan Ciputat Raya.

Dimulai dari sekitar jam 3, para peserta workshop duduk di tempat yang disediakan dan dengan tenang mendengarkan materi pola dari Mas Popo Mangun; founder dari CreateCo dan Morning Drawing dan juga inisiator #TemuRupa. Kami baru tahu lho, bila pola-pola yang kita buat hanya akan tampil baik bila dikombinasikan dengan warna yang tepat. Nah, materi ini merupakan bekal utama untuk memulai kegiatan selanjutnya, yakni mendesain case ponsel polos dengan serangkaian pola dan warna yang catchy dan menonjolkan karakter masing-masing peserta.

createco_workshop

Setelah kuliah singkat dari Mas Popo, peserta mengulik sendiri di ponsel masing-masing, menimbang dan mencari kira-kira pola apa yang cocok untuk mereka gambar di case ponsel yang telah disediakan. Setelah selesai, peserta kemudian mengumpulkan case ponsel yang telah didekorasi untuk kemudian diberi lapisan akhir. Workshop ini memungkinkan peserta untuk menemukan kembali pola dan warna yang cocok untuk mereka. Selain itu, ajang ini dimaksudkan untuk mempertemukan pelaku seni dan penikmat seni; agar skena seni rupa tidak bersifat eksklusif.

Setelahnya, dimulailah pameran seni yang keren banget! Beneran, deh! Terdapat beberapa karya yang dipajang. Karya-karya tersebut amat penuh warna, cocok dengan tema yang dibawakan oleh CreateCo.

Popo Mangun, inisiator dari #TemuRupa, menuturkan bahwa kegiatan ini diluncurkan semata-mata untuk mencari kesegaran potensi seni di skena seni rupa di Indonesia, terutama di sekitar Jadebotabek. Nah, penikmat-penikmat seni rupa yang memiliki keinginan untuk mengikuti sesi workshop seni rupa di rangkaian kegiatan #TemuRupa akan dikurasi. Menurut Popo, semua orang memang dapat menggambar, tetapi tidak semua karya seni mereka dapat memperlihatkan karakteristik. Popo menginginkan skena seni rupa di Indonesia dapat berubah inklusif; artinya, penikmat-penikmat seni yang memiliki potensi pun dapat bergabung dan merasa diterima di lingkungan seni rupa.

Popo juga punya ide-ide cemerlang untuk #TemuRupa. Ia ingin menghadirkan #TemuRupa yang juga menampilkan seni musik. Wah, kamu penasaran?

Popo juga bisa dikatakan “agresif” dalam merekrut pelaku seni rupa. Bila ia menemukan potensi unik dan liar dari peserta-peserta workshop, ia akan merekrut mereka untuk masuk ke skena seni rupa, bisa ke Morning Drawing, maupun ke pertunjukan-pertunjukan seni rupa lainnya.

Kami ingin mengucapkan selamat kepada CreateCo ID yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan seni seperti ini. Kami tunggu acara-acara seru lainnya dari kalian!

Foto: Courtesy CreateCo Creative

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *