Komunitas Film Sima Entertainment & Puluhan komunitas Jepara Gelar Festival Industri Kreatif

Komunitas film Sima Entertainment berkerja sama dengan KPP Pratama Jepara mengadakan Festival Industri Kreatif di Gedung Haji Jepara, 4 – 5 Maret.

Muhsyihabudin, Ketua Panitia saat ditemu Minggu, (5/3) berharap melalui Festival Ekonomi Kreatif ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Jepara, dengan mengembangkan produk kerajinan dengan mengembangkan ekonomi kreatif.

Acara diikuti banyak peserta mulai dari batik, tenun troso, sanggar kostum, bank sampah yang memproduksi sampah menjadi bahan siap pakai sampai beberapa komunitas gambar yang menjual gambarnya di stan yang disediakan oleh panitia.

“Selain diikuti 48 peserta dari ekonomi kreatif Jepara, acara ini juga menggelar lomba film ekonomi kreatif, dengan peserta dari pemuda Jepara sejumlah 15 peserta dengan durasi film 5 – 8 menit dengan tema industry Kreatif,” jelas Muhsyihabudin.

Muhsyihabudin juga menjelaskan bahwa kerajinan Jepara yang sudah mendunia yakni ukir, harus dikembangkan. Selain itu dia juga menyampaikan bahwa masyarakat Jepara harus mampu mengembangkan ukir menjadi lebih besar dan menyerap tenaga besar, melalui inovasi yang diciptakan.

“Ini salah satu langkah kami untuk mengenalkan Jepara dengan ekonomi kreatifnya,” kata Muhsyihabudin.

Muhsyihabudin menjelaskan tantangan yang kini dihadapi para perajin dan ekonomi kreatif Jepara adalah keterbatasan modal, teknologi dan marketing.

“Semoga dengan adanya pameran dan lomba film ini akan semakin mengenalkan jepara dan sektor ekonomi kreatifnya ke hadapan masyarakat yang sekarang bisa diakses dengan cepat melalui youtube dan media sosial lainnya,” jelas Muhsyihabudin.

Muhsyihabudin berharap acara seperti ini akan bisa menjadi ajang promosi, memperkenalkan dan memasarkan hasil ekonomi kreatif Jepara. Selain itu, pembentukan acara ini juga akan banyak menimbulnan atau melahirkan SDM di dalam bidang ekonomi kreatif yang membawa inovasi dan kreativitas untuk mendongkrak ekonomi Jepara semakin dikenal.

Sumber: Merdeka

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *