Palyja Green Community; Tumbuhkan Masyarakat Yang Peduli Lingkungan

Namanya Palyja Green Community atau disingkat menjadi PGC. Komunitas ini  dibentuk sejak tahun 2008 dan hingga saat ini telah terbentuk tujuh tujuh PGC.  Ketujuh Palyja Green Community tersebut tersebar di;

1.Kelapa Dua RW 03 dan Kebon Jeruk RW 01 – Jakarta Barat
2.Karet Tengsin RW 05 – Jakarta Selatan
3.Cilandak RW 01 – Jakarta Selatan
4.Karet Tengsin RW 07 – Jakarta Pusat
5.Gandaria Utara RW 11 – Jakarta Selatan
6.Kedoya Utara RW 02 – Jakarta Barat
7.Pejaten Timur – Jakarta Selatan

Palyja  Green Community (PGC) sendiri adalah komunitas sadar lingkungan yang dibentuk oleh Palyja– perusahaan pengolah dan pendistribusi air bersih untuk wilayah barat Jakarta.

Untuk menumbuhkan komunitas sadar lingkungan, Palyja  melalui PGC-nya melakukan pelatihan dan pendampingan dalam melakukan berbagai kegiatan yang bersifat 3R yaitu reduce, reuse dan recycle.

Salah satu kegiatannya adalah mendaur ulang sampah kering khususnya plastik menjadi produk yang memiliki nilai jual. Kemudian yang kedua, yaitu dengan mengolah sampah-sampah organik menjadi pupuk melalui proses komposting, pupuk cair dan juga biogas untuk digunakan proses memasak.

Selain memberikan pelatihan dan pendampingan, Palyja Green Community (PGC) juga memberikan fasilitas/alat yang berguna untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan asri. Diantaranya adalah tempat sampah yang terpisah antara sampah organik dan anorganik.

Disediakan pula bibit tanaman untuk menghijaukan wilayah di sekitar Palyja Green Community (PGC) berada. Kemudian untuk melakukan proses komposting, Palyja Green Community (PGC) memberikan mesin pencacah sampah organik.

Dan pada akhirnya, kompetisi kebersihan selalu rutin dilaksanakan dalam selang periode tertentu untuk meningkatkan daya dorong para warga yang tergabung dalam Palyja  Green Community (PGC).

Sumber: Republika

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *